Pengganti Maryuwono Disiapkan, Nama Titik Nurhayati Terdepan

0
38
ketua-dpc-pdip-karanganyar
FOTO ILUSTRASI

SOLO,suaramerdekasolo.com – Nama pengganti almarhum Maryuwono sebagai calon DPRD terpilih 2019-2024 sudah dipersiapkan. Nama tersebut adalah Titik Nurhayati, caleg dapil III Kota Surakarta yang sesuai perangkingan, perolehan suaranya masuk peringkat di bawah lima caleg terdahulu yakni, Suharsono, Roro Indradi Sarwo Indah, Slamet Widodo dan Roy Saputro.

Ketua KPU Surakarta Nurul Sutarti saat dikonfirmasi atas nama pengganti itu pun sudah membenarkannya, bahwa Titik Nurhayati memiliki perolehan suara tertinggi.

“Titik (nama pengganti Maryuwono-red),” kata Nurul yang dihubungi suaramerdekasolo.com, Jumat (2/8).

Nurul juga menjelaskan, mekanisme pengajuan calon terpilih DPRD pengganti almarhum Maryuwono yang wafat, Rabu (31/7) juga sedang dikerjakan. Karena tahapan ini masuk ranahnya KPU, oleh karenanya pihak langsung berjalan setelah mendapatkan surat resmi dari DPC PDIP tentang penggantian calon terpilih ini.

Bahkan mulai tadi lanjut Nurul, lembaganya mulai melakukan verifikasi terhadap atas tak lengkapnya syarat penetapan calon terpilih DPRD Surakarta Maryuwono dari PDIP. Langkah verifikasi awal adalah melakukan pengecekan data kependudukan atas mangkatnya Maryuwono ke Dispendukcapil Kota Solo.
“Jumat ini (kemarin-red) sudah kami lakukan proses verifikasi. Sesuai dengan amanah peraturan perundang-undangan yang ada. Jadi pencoretan nama calon terpilih ini dilakukan bila ada syarat resmi calon ini meninggal dunia atau terlibat tindak pidana, nanti ada berita acaranya,” terang Nurul.

Dikatakan, dalam waktu dekat ini pihaknya akan melakukan perubahan atas surat keputusan penetapan calon terpilih DPRD Surakarta 2019-2024 sebelum ditetapkan dalam rapat pleno. Satu hal yang ditekankan KPU adalah pihak pengganti Maryuwono secapatnya menyusun LHKPN ke KPK dan tanda terima diserahkan ke KPU.
“Tolong secepatnya disusulkan LHKPN ini sebagai pengajuan nama calon terpilih ke guburnur untuk syarat pelantikannya.

Seperti diketahui, pasca-mangkatnya caleg terpilih DPRD Surakarta 2019-2024, nama pengganti sudah menjadi perbincangan. Ketua DPC PDI Perjuangan Surakarta, FX Hadi Rudyatmo, memastikan partainya tidak akan melakukan pergantian antar waktu (PAW) untuk meggantikan caleg terpilih DPRD Solo periode 2019-2024 di Pileg 2019,
“Ya kita tidak perlu melakukan PAW. Jabatan anggota DPRD Solo periode 2019-2024 berakhir tanggal 14 Agustus 2019,” ujar Ketua DPC PDIP Solo, Rudy sapaan FX Hadi Rudyatmo. (Bs)

Editor : Budi Santoso

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here