Serangan Virus Tertanggulangi, Layanan Kependudukan Bertahap Pulih

dispendukcapil-klaten
LOKET LAYANAN: Loket layanan Dinas Dukcapil Pemkab Klaten mulai didatangi warga setelah server pulih, Jumat (2/8). (suaramerdekasolo.com/Achmad H)

KLATEN,suaramerdekasolo.com – Pelayanan dokumen kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pemkab Klaten bertahap mulai pulih setelah dihantam virus. Data kependudukan masyarakat dipastikan aman.
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pemkab Klaten, Widya Sutrisna menjelaskan secara bertahap layanan ke masyarakat sudah mulai pulih.

” Bertahap beberapa pelayanan sudah mulai bisa dilaksanakan,” katanya, Jumat (2/8).

Widya menjelaskan setelah ada serangan virus pekan lalu, Dinas bergerak cepat ke Kemendagri untuk mengambil back up data. Data dari Kemendagri itu masih utuh meskipun data di server Dinas hilang. Data dari pemerintah pusat itu kemudian diolah lagi di Dinas sejak hari Jumat (26/7) sehingga sejak hari Senin (29/7). Bersamaan itu pembersihan virus dan pengamanan terus dilakukan sehingga secara bertahap pelayanan mulai bisa dilakukan. Pelayanan E-KTP, akta, kartu keluarga, surat keterangan dan lainnya sudah mulai bisa diberikan ke masyarakat.

Namun diakuinya dampak dari serangan virus itu, data yang masuk sejak dua pekan lalu masih data lama sebab data baru yang dilaporkan terhenti. Misalnya, ada yang datanya sudah dilaporkan berstatus menikah tetapi karena serangan virus, statusnya menjadi belum menikah. Jumah data yang terganggu tidak banyak sebab serangan hanya selama sepekan. Masyarakat diminta tidak cemas sebab data kependudukan masih utuh dan tidak ada perubahan. Nomor induk dan data kependudukan sulit berubah sebab server di pusat lebih aman proteksinya.

Lindungi Server

Selama ini, lanjut Widya, Dinas sudah tidak kurang berupaya melindungi server tetapi nyatanya masih ada serangan. Padahal aplikasi kependudukan merupakan aplikasi khusus yang tidak semua orang bisa mengakses. Hal itu karena pembuat virus tentu lebih lihai daripada sasarannya. Idealnya di Pemkab tidak hanya satu server tetapi dua atau tiga.

Harapannya saat ada virus di satu server, dua server lainnya masih aman sehingga tidak harus ke Jakarta meminta back up data. Namun hal itu tentu membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Diberitakan sebelumnya pelayanan dokumen kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemkab Klaten tersendat. Tersendatnya pelayanan disebabkan server jaringan komputer diserang virus. (Achmad H)

Editor : Budi Santoso

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here