Solo Siapkan 27 Atlet ke Kejurprov NPCI

0
16
Perenang-pelatnas-NPCI-jateng
BERLATIH: Perenang pelatnas NPCI asal Solo, Erika berlatih di kolam renang Kopassus Grup II Kadangmenjangan, Kartasura. Dia absen pada kejurprov NPCI Jateng di Cilacap, 19-22 Agustus nanti. (suaramerdekasolo.com/Setyo Wiyono)

*Persaingan Tiga Cabang Digelar di Cilacap

SOLO,suaramerdekasolo com – Dua puluh tujuh atlet difabel disiapkan National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Solo guna menghadapi kejuaraan provinsi (kejurprov) Jateng yang rencananya diselenggarakan di Cilacap pada 19-22 Agustus mendatang. Mereka bakal bersaing di tiga cabang olahraga pada kejurprov tahap II NPCI Jateng tersebut.

‘’Dari 27 atlet yang akan kami kirimkan, terbanyak turun di cabang renang yakni 17 orang. Delapan atlet akan bertarung di cabang tenis meja, serta dua lainnya bertanding di arena bulu tangkis,’’ kata Ketua Umum NPCI Solo, Bangun Sugito, Jumat (2/8).

Para atlet tersebut kini berlatih intensif sesuai masing-masing cabang yang diikutinya. Mereka berusaha mempersiapkan diri sebaik mungkin guna memenangi perseteruan menghadapi atlet-atlet dari 34 kota/kabupaten lain se-Jateng tersebut.

‘’Awak tim kami itu merupakan perpaduan antara atlet-atlet yang sudah pernah berkompetisi di sebuah kejuaraan, serta ada yang benar-benar pemula. Di cabang renang, bahkan ada atlet pemula yang baru usia sembilan tahun, tetap akan kami turunkan. Semua demi regenerasi,’’ jelas Sugito.

Tidak Diizinkan

Dia menambahkan, awalnya jumlah atlet Kota Bengawan yang akan dikirim lebih dari 30 orang. Tapi ternyata kemudian ada keputusan dari NPCI Pusat yang menyatakan bahwa atlet-atlet pelatnas proyeksi ASEAN Para Games (APG) Filipina 2019 tidak diizinkan mengikuti kejurprov. Karena itu, jumlah tersebut akhirnya berkurang.

‘’Karena itu, bulu tangkis hanya ada dua atlet Solo yang akan turun, sebab atlet kami Fredy Setiawan dan Agus Budi Utomo sedang menghuni pelatnas APG. Di renang, atlet pelatnas Sobari, Erika dan Fajar juga tak ikut ke Cilacap,’’ tuturnya.

Pada kejurprov tahap kedua tersebut, diperkirakan sekitar 300 atlet dari seluruh daerah di Jateng bakal bertarung di Cilacap. Pertandingan tenis meja dan bulu tangkis direncanakan digelar di GOR indooor Kebunmanis Jalan Rajiman, sementara persaingan renang di kolam renang Tirta Mas Jalan Rinjani kawasan Sidanegara.

Ketua Umum NPCI Jateng Osrita Muslim menyatakan telah berkoordinasi dengan Pemkab dan NPCI Cilacap berkait rencana kejurprov itu.  Pertemuan pematangan koordinasi dilaksanakan Rabu (31/7) lalu. ‘’Mereka menyatakan siap menjadi tuan rumah dan mendukung penyelenggaraan kejurprov tersebut,’’ kata Osrita.(Setyo Wiyono)   

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here