Peran Keluarga dan Pendamping, Faktor Vital Penyembuhan Penyakit Stroke 

0
21
gathering-clas-stroke-rski2
Dr Sondang Rexano AK SpKFR menyampaikan paparan dalam acara gathering class stroke yang digelar di Orient Restaurant Solo, Sabtu (3/8). (suaramerdekasolo.com/Budi Santoso)

 

*Gathering Class Stroke RSKI Solo

SOLO,suaramerdekasolo.com – Selama bertahun-tahun Rumah Sakit Kasih Ibu (RSKI) Surakarta, Jateng menggelar gathering class stroke. Pertemuan bersama/gathering class stroke yang melibatkan tenaga medis profesional baik dokter spesiali, farmasi atau tenaga para medis lainnya dioptimalkan sebagai sarana bersua dan berekspresi.

Tahun ini kegiatan sejenis yang diketuai oleh dr Divan Fernandes Lienardi dengan narasumber Dr Afinia Permanasari SPkj, dan Dr Sondang Rexano AK SpKFR digelar di Orient Restaurant Solo, Sabtu (3/8).

dr Divan kepada suaramerdekasolo.com mengatakan, ada 50-an orang yang hadir dalam acara gathering ini. Menurutnya, peran keluarga menjadi kata kunci penting dalam rehabilitasi pasien pasca stroke terutama untuk psikologis pasien stroke. Sehingga tema itupun diangkat dalam acara gathering tahun ini.

“Oleh karena itu RSKI mengadakan acara gathering class stroke melalui kegiatan ini pasien akan mendapatkan pengetahuan dan wawasan kesehatan oeh tenaga medis profesional baik dokter spesiali, farmasi atau tenaga para medis lainnya,” katanya.

Dr Afinia Permanasari SPkj mengungkapkan, sarana yang bagus ini harus benar-benar dimanfaatkan.
Gathering class stroke ini menjadi sarana pasien stroke, menyalurkan energi negatif diubah menjadi energi positif. Ya, lewat pertemuan semacam ini, berbagi cerita dan berkonsultasi dengan dokter dan terapis dalam forum bersama,” katanya yang didampingi pembicara lain Dr Sondang Rexano AK SpKFR.

Afinia memaparkan, lewat Gathering class stroke ini pasien bisa terbuka menyampaikan pengalaman kepada sesama penderita. Pasien bisa menyampaikan keluhannya ke dokter sehingga pasien bisa menjawab dan didengarkan pasien lainnya.
“Jadi forum semacam ini sangat penting selain berbagi dengan sesama dan menambah semangat melawan stroke.”

Afinia sendiri diserbu berbagai pertanyaan dari pasien seperti ganguan halusinas, permasalahan pada mood dan lain sebagianya yang rata-rata bersumber pada masalah gangguan fungsi otak.

Peran keluarga

Sementara Dr Sondang memberikan dorongan kepada pasien stroke agar menjadi pasien yang menyenangkan. Pasien yang tidak menyusahkan, atau menyulitkan keluarga atau pendamping.
Kesembuhan penderita stroke bisa lebih cepat bila keluarga terus mendukung, membantu dan menjaga hingga proses pengobatan dan terapi selesai.

gathering-clas-stroke-rski-solo
SESI TANYA JAWAB : Para pembicara mendengarkan pertanyaan dari peserta dalam acara gathering class stroke yang digelar di Orient Restaurant Solo, Sabtu (3/8). (suaramerdekasolo.com/Budi Santoso)

“Rumah sakit, dokter, terapis dan obat siap tersedia. Penderita stroke juga pasti membutuhkan pertolongan, nah peran keluarga atau pendamping ini yang cukup vital sehingga penderita stroke wajib berterima kasih dan tidak menyulitkan mereka.”

Halaman: 1 | 2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here