Loqman Perdana, Berlatih Sambil Momong

0
44
Loqman-Perdana-atlet-panjat
FOTO DIRi : Loqman Perdana Sri Isyono, atlet Pengkot Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Surakarta. (suaramerdekasolo.com/Setyo Wiyono)

MENGASAH kemampuan di papan panjat merupakan salah satu rutinitas Loqman Perdana Sri Isyono. Meski demikian, atlet Pengkot Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Surakarta itu juga harus tetap momong para yuniornya dalam latihan di Solo Sport Climbing Center kompleks Stadion Manahan.

Sebagaimana kebiasaan di lingkungan atlet panjat Kota Bengawan, pemanjat-pemanjat senior mesti turut membimbing adik-adiknya dalam berlatih.

‘’Sebenarnya menyenangkan, karena latihan beramai-ramai. Namun terkadang susah juga, kalau pas adik-adik ngeyel saat diberi tahu,’’ kata atlet 18 tahun itu.

Jika sudah demikian, pemanjat yang juga mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS Surakarta itu harus sabar. Lebih-lebih beberapa pemanjat seniornya kini sedang berlatih di Semarang demi menjalani training camp (TC) Pra-PON Jateng. Di luar itu, adik bungsunya, Fadhil Ghani yang masih duduk di bangku SMP, kini turut bersama dirinya menekuni olahraga panjat tebing.

‘’Yang terpenting, sama-sama giat berlatih untuk terus memburu prestasi bagi panjat tebing Solo,’’ tuturnya.

Diajak Teman

Putra sulung pasangan Sri Suyono-Ismiatun tersebut menggeluti panjat tebing saat menepuh studi di SMKN 2 Surakarta. Awalnya diajak teman sekolahnya untuk berlatih panjat, tetapi ternyata sang teman akhirnya malah urung merapat ke papan panjat.

‘’Telanjur tertarik, saya kemudian menekuni olahraga ini,’’ ujar warga gang Sombo II RT 1 RW 10 Serengan, Solo tersebut.

Kendati belum terlalu lama berlatih, sederet prestasi telah ditorehkan alumnus SD Kemasan 1 Surakarta tahun 2012 dan SMPN 3 Surakarta tahun 2015 itu. Di antaranya juara pertama nomor speed dan lead sirkuit panjat tebing (SPT) Surakarta 2017, serta juara pertama speed dan juara kedua lead pada Pekan Olahraga Mahasiswa (POM) Rayon III, beberapa waktu lalu.

Dia juga merebut medali perak nomor speed world record kejuaraan provinsi (Kejurprov) Jateng kelompok umur (KU) di Purwokerto, Juli lalu. Terakhir, remaja kelahiran Solo, 16 Desember 2000 itu menyumbangkan sekeping medali perak bagi kontingen UNS dari arena POM Provinsi Jateng.

‘’Saya ingin terus menorehkan prestasi. Kini mulai persiapan menghadapi POM Nasional, September atau Oktober mendatang,’’ kata Loqman.(Setyo Wiyono)

Editor : Budi Sarmun

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here