19 Alat Peringatan Dini Terpasang di Wonogiri

0
9
19-EWS-Terpasang-di-Wonogiri
MEMBAGIKAN MAKANAN : Para relawan membagikan makanan dan minuman kepada warga saat simulasi bencana longsor di Desa Bugelan, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri, Senin (5/8). (suaramerdekasolo.com/Dok)

WONOGIRI,suaramerdekasolo.com– Sebanyak 19 alat sistem peringatan dini (early warning system/EWS) sudah terpasang pada berbagai titik di Kabupaten Wonogiri. Sebanyak 15 di antara merupakan EWS tanah longsor, sedangkan empat lainnya merupakan EWS banjir.

Kepala pelaksana harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri Bambang Haryanto mengatakan, sebagian dari EWS tersebut merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jateng. “Sampai saat ini sudah ada 19 EWS yang terpasang di Kabupaten Wonogiri,” katanya saat kegiatan pemasangan EWS dan Gladi Lapang Simulasi Bencana Tanah Longsor di Desa Bugelan, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri, Senin (5/8).

Dia mengungkapkan, kegiatan pemasangan EWS di Desa Bugelan itu dilaksanakan selama dua hari 4-5 Agustus. Setelah pemasangan selesai, pihaknya mengadakan Gladi Lapang Simulasi Bencana Tanah Longsor yang diikuti masyarakat, relawan desa, relawan Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB), aparat desa, dan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Kismantoro.

“Kegiatan berjalan lancar karena adanya dukungan Pemerintah Desa Bugelan yang telah menganggarkan dana secara rutin setiap tahun di bidang penanggulangan bencana,” katanya.

Perlu diketahui, beberapa lokasi di Desa Bugelan, Kecamatan Kismantoro berpotensi bencana longsor. Pasalnya, rumah mereka berada dekat dengan perbukitan yang curam. (Khalid Yogo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here