6.800 Linmas Amankan Pilkades Serentak

0
linmas-wonogri
FOTO ILUSTRASI

SRAGEN,suaramerdekasolo.comPersonel Perlindungan Masyarakat (Linmas) bakal disiapkan sebagai salah satu unsur pengamanan, dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). Setidaknya terdapat 6.800 anggota Linmas yang tersebar di 20 kecamatan. Meski rata-rata mereka sudah berumur, namun para anggota Linmas itu tidak bisa diremehkan semangatnya dalam menjalankan tugas.

Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Heru Martono menyampaikan, saat ini ada sekitar 6.800 angota Linmas yang tersebar di 20 kecamatan di Sragen. “Kami akan melibatkan para Linmas dalam pengamanan pelaksanaan Pilkades 2019, pada 26 September mendatang,” kata Heru, pekan lalu. Untuk kelancaran pilkades mendatang, dalam waktu dekat Satpol PP akan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi linmas.

Dalam pelaksanaan Bimtek juga akan dibantu pihak kepolisian dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol). Sedang pihaknya lewat kepala seksi (kasi) ketentraman dan ketertiban (trantib), yang terdapat di setiap kecamatan, menjadi penghubung menggerakkan para Linmas. Mantan Kepala Badan Kesbangpol ini juga tidak menampik untuk usia Linmas di Sragen, yang sudah bisa dikatakan lanjut. Hampir setiap Linmas rata-rata berusia diatas 40 tahun.

Pembinaan linmas

Namun kondisi serupa pasti dirasakan juga kabupaten/kota lain di Jawa Tengah. Meski sudah cukup senior secara umur, namun semangat mereka dalam berdedikasi untuk tugasnya patut diacungi jempol. ”Saya sempat bertemu dengan anggota Linmas di Gesi, usianya sudah sekitar 70 tahun tapi semangatnya luar biasa, lari dan baris masih semangat. Dia tidak mau pensiun. Banyak Linmas yang sudah senior tapi semangatnya luar biasa,” tandas mantan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) tersebut.

Sementara terkait teknis yang akan disampaikan dalam Bimtek, mengacu pada pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) kemarin. Secara teknis, bahkan penempatan di TPS bisa lebih banyak, mengingat saat ini pelaksanaan di kebayanan. ”Seperti pada Pemilu 2019 kemarin, Linmas yang di dalam, nanti kepolisian menjaga di luar karena mereka juga dituntut netral,” terangnya.

Pihak TNI pun turut ambil bagian dalam pembinaan Linmas jelang pelaksanaan pilkades, yang rencananya akan digelar pada 26 September mendatang. Ada sebanyak 167 desa di 20 kecamatan yang akan menggelar pilkades serentak tersebut. Salah satunya dengan memberi pelatihan BBB untuk tingkatkan disiplin Linmas. Salah satu yang sudah menggelar pelatihan adalah Desa Sambirembe Kecamatan Kalijambe, yang dilakukan Babinsa setempat.

Babinsa Sambirembe Serka Surasno mengatakan, belum lama digelar kegiatan pelatihan PBB bagi Linmas Sambirembe. “Ada sekitar 30 orang Linmas yang mengikuti,” katanya. Dia menyampaikan Babinsa bersama Babinkamtibmas memberikan materi pelatihan dan memberikan pengertian tentang tugas dan tangung jawab sebagai Linmas serta kesiapan menjelang pilkades September mendatang.

Tujuan dilakukan kegiatan PBB itu antara lain untuk memupuk rasa kebersamaan, persaudaraan dan keamanan. Linmas merupakan bagian dari masyarakat yang harus bisa memberi contoh bagi masyarakat lainnya dalam penanaman disiplin dan semangat Bela Negara. (Basuni Hariwoto)

Editor : Budi Sarmun

 

Tinggalkan Pesan