Rekor Pameran Keris Terbanyak Dipecahkan Di Indonesia

0
Pameran-Keris-Terbanyak-Indonesia
MEMPERLIHATKAN KERIS : KPAA Suro Agul Agul Begug Purnomo Sidi (memegang keris) memperlihatkan keris koleksinya kepada para tamu di rumahnya jalan Ahmad Yani no 41 Wonogiri, Senin (5/8). (suaramerdekasolo.com/Khalid Yogi)

 

*Keris Tertua Dibuat Sebelum Zaman Sriwijaya

WONOGIRI,suaramerdekasolo.com – KPAA Suro Agul Agul Begug Purnomo Sidi menggelar pameran 1.345 keris di kediamannya jalan Ahmad Yani no 41 Wonogiri, Senin (5/8). Alhasil, acara itu mencetak rekor pameran keris terbanyak di Indonesia.

Begug menjelaskan, semua keris itu merupakan koleksi pribadinya. Adapun pameran dia gelar agar pusaka tradisional Nusantara tersebut tidak punah oleh perkembangan zaman. “Bukannya saya sombong. Saya ingin mengajak seluruh pemerhati atau pecinta keris, tombak, pusaka, dan wesi aji untuk bangkit memelihara dan melestarikan aset budaya bangsa ini,” kata Begug yang juga mantan Bupati Wonogiri itu.

Ribuan keris tersebut dibeli Begug di berbagai kesempatan. Salah satu keris paling tua adalah keris Betok pamor Kiai Jalak Bodo yang diperkirakan dibuat pada zaman Buddha atau lebih tua dari zaman Kerajaan Srwijaya. Usia keris bisa diketahui dari silsilah yang disusun oleh para empu.

Dalam waktu dekat, dia juga akan diundang oleh Sultan Brunei Hassanal Bolkiah. “Saya diundang Sultan Brunei, nanti saya akan adakan pameran sebanyak 160 keris yang bertatahkan emas,” imbuhnya.

Dihadiri raja-raja

Pameran itu dihadiri oleh raja keraton Surakarta Sinuhun Paku Buwono XIII serta sejumlah raja dan sultan dari kerajaan di Nusantara. Beberapa dari mereka datang dari Sulawesi Selatan, Jawa Barat, Banten, Demak, dan sebagainya.

Begug memilih Wonogiri sebagai lokasi pameran keris karena kabupaten tersebut menyimpan sejarah penting bagi kerajaan Mataram. “Panembahan Senopati (pendiri Kerajaan Mataram) pernah di Wonogiri kemudian bertemu dengan Ratu Kidul. Kemudian Raden Mas Said (pendiri Mangkunegaran/Mangkunegara I) juga berjuang di Wonogiri,” terangnya.

Acara itu dikukuhkan sebagai pameran keris terbanyak oleh Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (Leprid). Ketua umum dan pendiri Leprid, Paulus Pangka mengatakan, sebanyak 1.345 keris yang dipamerkan menjadikannya pameran keris terbanyak di Indonesia. (Khalid Yogi)

Editor : Budi Santoso

 

Tinggalkan Pesan