Orang Tua Harus Bijak Memberi Ponsel Kepada Anak

Orang-Tua-Harus-Bijak-Memberi-Ponsel
MENYERAHKAN WAYANG : Anggota DPR RI Bambang Wuryanto menyerahkan wayang kepada dalang Ki Bayu Aji Suroto saat pagelaran wayang kulit di lapangan Desa Pule, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, Minggu malam (4/8). (suaramerdekasolo.com/Khalid Yogi)

WONOGIRI,suaramerdekasolo.com – Perkembangan teknologi informasi dan globalisasi membawa pengaruh besar kepada generasi muda. Oleh karena itu, para orang tua harus lebih bijak ketika hendak memberikan ponsel atau gawai kepada anak-anak.

Direktur Informasi dan Komunikasi Politik Hukum Keamanan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Bambang Gunawan mengatakan, ponsel dan gawai membuat orang sangat mudah mengakses media-media sosial. Jika tidak pandai menyikapi justru akan menimbulkan dampak negatif.

Oleh karenanya, dia berharap orang tua bijak dalam memberikan ponsel kepada anaknya. Selain itu, para pengguna media sosial juga diharapkan lebih bijak dalam membagikan berita.

Dia memberi beberapa cara untuk menangkal hoaks. “Kalau baca berita, jangan hanya baca judulnya, tapi dibaca sampai selesai. Kalau beritanya belum tentu benar, jangan dibagikan,” pesannya saat menggelar pertunjukan wayang kulit semalam suntuk Kemenkominfo bersama DPR RI di lapangan Desa Pule, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, Minggu malam (4/8).

Acara itu juga dihadiri Anggota DPR RI Bambang Wuryanto dan Bupati Wonogiri Joko ‘Jekek’ Sutopo. Bupati mengatakan, salah satu solusi memerangi hoaks adalah memperkuat ruang kultur dan budaya.

Beasiswa mahasiswa

Pihaknya berterima kasih kepada masyarakat karena Kabupaten Wonogiri menjadi daerah yang paling kondusif di Jateng selama penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 lalu.

Di sisi lain, Pemkab Wonogiri ingin membangun sumber daya manusia. Antara lain dengan cara menganggarkan dana hingga Rp 10 miliar untuk memberikan seragam sekolah gratis bagi siswa SD dan SMP. Selain itu, pihaknya juga akan meningkatkan anggaran untuk memberikan bantuan bagi mahasiswa berprestasi.

Pertunjukan wayang kulit dibawakan oleh dalang Ki Bayu Aji Suroto yang memainkan lakon Narayana Kridha Brata. Acara dimeriahkan dengan pembagian doorprize berupa sepeda motor, kulkas, mesin cuci, sepeda dan sebagainya. (Khalid Yogi)

Editor : Nindya Achmadi

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here