Alumni Umroh Zam-zam Tour, Kirim Air Bersih

0
14
BANTUAN BUKU :Perwakilan dari Alumni umroh Zam Zam Tour bekerjasama dengan komunitas grup Tahajjud memberikan bantuan buku dan uang pada siswa di MIM Watubonang, Tawangsari. (Suaramedekasolo.com/Dok)

SUKOHARJO,suaramerdekasolo.com – Bantuan air bersih bagi warga Sukoharjo yang mengalami krisis akibat kemarau, masih terus dilakukan dari sejumlah pihak. Salah satunya dari Alumni umroh Zam Zam Tour bekerjasama dengan komunitas grup Tahajjud bersama dibantu relawan RS PKU Muhammadiyah.
Komunitas tersebut menggelar bhakti sosial dengan mengirimkan bantuan air bersih di tiga titik lokasi. Masing-masing Desa Watubonang Kecamatan Tawangsari, Desa Kunden Kecamatan Bulu dan Desa Alasombo Kecamatan Weru. Selain bantuan air bersih, mereka juga memberikan bantuan berupa buku dan uang saku bagi 135 siswa MIM Watubonang Tawangsari.
“Bantuan ini dari alumni umroh zam zam tour dan komunitas WA tahajjud dimana terkumpul 250 tangki air dan masih bisa bertambah lagi,” ujar Guntur, salah satu panitia kegiatan.
Mantan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo ini menambahkan, pengiriman air bersih dilakukan secara bertahap karena mobil tangki PDAM dan PMI hanya ada tiga unit. Hal itu menyebabkan dalam sehari bantuan yang dikirim hanya berkisar 3-4 kali. Karena itu pengiriman air bersih untuk warga diperkirakan membutuhkan waktu hingga beberapa hari ke depan.
Sebelumnya, Kepala BPBD Sukoharjo Maryanto mengatakan, droping air bersih sudah dilakukan sejak Juli lalu hingga awal Agustus ini. Bantuan berasal dari berbagai pihak seperti Pemkab Sukoharjo, swasta, lembaga, komunitas dan instansi lainnya. Air bersih dikirim menggunakan truk tangki milik PDAM Sukoharjo dengan dikoordinasikan oleh BPBD Sukoharjo.
Berdasarkan data dari BPBD Sukoharjo diketahui ada 12 desa ditiga kecamatan terdampak kekeringan akibat kemarau. Wilayah tersebut kekurangan air bersih karena berada di perbukitan tandus. (Heru susilo)

Editor : Budi Sarmun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here