Diduga Pembakaran Sampah, Empat Hektare Tegalan Terbakar

0
empat-hektare-hutan-wonogiri-terbakar
MEMADAMKAN API : Personel BPBD berusaha memadamkan api yang membakar lahan di Dusun Duwet, Desa Kepuhsari, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri, Selasa (6/8). (suaramerdekasolo.com/Dok)
WONOGIRI,suaramerdekasolo.com – Sekitar empat hektare lahan tegalan milik warga di Dusun Duwet, Desa Kepuhsari, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri Jateng, terbakar, Selasa (6/8). Kebakaran diduga karena aktivitas pembakaran sampah yang apinya merembet ke semak-semak kering di lahan tersebut.
 
Kepala pelaksana harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri Bambang Haryanto mengatakan, titik api terlihat di tegalan sejak pukul 13.13. Namun, warga sekitar tidak berupaya langsung memadamkan api, sehingga api menjalar dan membakar beberapa lokasi lainnya.
 
Jarak lokasi kebakaran hanya sekitar 500 meter dari permukiman terdekat. Masyarakat kemudian melaporkan kejadian itu ke BPBD Kabupaten Wonogiri. “Setelah mendapatkan laporan, upaya pemadaman dilakukan oleh Personil BPBD dibantu Relawan Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) bersama beberapa warga,” katanya.
 
Setelah berjibaku selama beberapa jam, api dapat dipadamkan sekitar pukul 17.30. “Tidak ada korban jiwa maupun luka, sedangkan yang terbakar berupa semak-semak, pohon sonokeling dan jati,” imbuhnya.
 
Bambang mengingatkan agar masyarakat berhati-hati dan tidak membakar sampah di tepi hutan. Pasalnya, kebakaran hutan biasanya terjadi akibat kelalaian saat membakar sampah, sehingga api  merembet membakar semak-semak kering di hutan.
 
Kebakaran hutan selain membuat polusi udara juga merusak ekosistem
hutan. Di samping itu kemampuan hutan untuk menampung air hujan akan menurun. “Kalau hutannya terbakar, sumber air bisa hilang atau bergeser,” terangnya. (Khalid Yogi)
 
Editor : Budi Sarmun
 
 

Tinggalkan Pesan