Hasil Panen Sendiri, PPMI Assalaam Bagi-bagikan 6 Ton Ikan Patin ke Warga

panen-ikan-6-ton-ppmi-assalam-sukoharjo
PANEN PATIN : Pondok Pesantren Modern Islam (PPMI) Assalaam Sukoharjo panen sekitar 6 ton Ikan Patin dari hasil budidaya sendiri dan dibagikan ke warga. (suaramerdekasolo.com/Ari Welianto)

SUKOHARJO,suaramerdekasolo.com – Pondok Pesantren Modern Islam (PPMI) Assalaam Sukoharjo panen sekitar 6 ton Ikan Patin dari hasil budidaya sendiri. Hasilnya dibagi-bagikan ke masyarakat sekitar dan keluarga PPMI Assalaam saat kegiatan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 3 tahun, Rabu (7/8) pagi.

“Ada sekitar 6 ton Ikan Patin yang kami panen. Ini merupakan hasil budi daya ikan sendiri, satu hari ini sudah harus habis,” ujar Ketua Umum Yayasan Majlis Pengajian Islam Surakarta Ahmad Syamsuri disela-sela pembagian, kemarin.

Ikan patin ini di budidaya sejak sekitar dua tahun lalu di kolam seluas 9 x 12 meter dengan kedalaman 2 meter. Kalau budidaya ikan sudah cukup dan setiap dua tahun sekali dilakukan panen. Harapannya kedepan bisa satu tahun sekali panen, karena ada satu kolam lagi yang sudah dibuat dan ditebar benih ikan.

“Jadi benih ikan kami tebar dua tahun lalu dan ini panennya, kalau untuk budidaya kami sudah lama. Ada dua kolam disini, jadi kedepan bisa panen satu tahun sekali secara bergantian,” ungkap dia.

Selama dua tahun ini terus dilakukan perawatan, untuk makannya itu makanan dari sisa-sisa para santri pondok. Sehingga dalam waktu dua tahun ini ukuran ikan sudah besar-besar seperti yang saat ini. “Jadi untuk perawatannya tidak pakai kimia tapi alami. Memang sengaja untuk panennya itu dua tahun sekali,” terangnya.

Budidaya Lele

Hasil panen ikan patin ini sengaja dibagi-bagikan ke masyarakat sekitar pondok dan keluarga PPMI Assalaam. Tiap orang itu mendapatkan 3 kg ikan yang isinya itu sekitar 2-3 ekor ikan ukuran yang besar. Dengan ini juga untuk mengajak masyarakat gemar makan ikan, karena memiliki protein bagus.

“Panen dan pembagian ini dilaksanakan bertepatan dengan HUT PPMI Assalaam yang ke 37 tahun. Kami mengajak masyarakat untuk gemar makan ikan, ini juga untuk mendekatkan pondok dengan masyarakat dan saling mendukung,” sambungnya.

Sementara itu Kasubag Humas PPMI Assalaam, Qomarudin mengatakan untuk budidaya memang ikan patin karena bisa besar. Sebenarnya ada ikan lele namun ukurannya itu kecil-kecil. “Sudah lama kalau untuk budidaya ikan ini. Kami juga ingin berbagai dengan masyarakat agar bisa merasakan hasil budidaya pondok,” pungkas dia. (Ari Wlianto)

Editor : Nindya Achmadi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here