Kurang Air, Warga Terpaksa Membuat Lubang di Dasar Sungai

0
14
dampak-kekeringan-boyolali
ISI AIR: Warga Dukuh Kedungdondo, Desa Kalimati, Kecamatan Juwangi, Boyolali mengambil air dari lubang di dasar sungai dukuh setempat. (suaramerdekasolo.com/Joko Murdowo)

BOYOLALI,suaramerdekasolo.comDampak kemarau terus dirasakan sebagian masyarakat Boyolali. Mereka kesulitan mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari- hari.

Seperti dialami warga Dukuh Kedungdondo, Desa Kalimati, Kecamatan Juwangi. Kesulitan dialami karena sumur yang ada telah mengering. Padahal mayoritas warga dari golongan tidak mampu sehingga tidak memiliki cukup uang untuk membeli air.

Merekapun terpaksa memanfaatkan sungai di dukuh setempat. Caranya, dengan menggali atau membuat lubang di dasar sungai yang telah mengering. Sehingga lubang itu pun terisi air, meskipun debitnya kecil.

Air lalu diambil dengan menggunakan gayung untuk dimasukkan ke dalam ember atau tempayan khusus untuk dibawa pulang. Hanya saja, sesampai di rumah, air diendapkan terlebih dahulu agar jernih.

“Ya, meskipun airnya agak keruh dan berbau, tetap kami gunakan karena tidak ada sumberi air yang bisa dimanfaatkan,” ujar Sumarni (51) salah satu warga.

Tak hanya Sumarni saja yang memanfaatkan air sungai tersebut, namun sejumlah tetangganya. Menurut dia, pengambilan air dari dasar sungai sudah rutian dilakukan pada puncak kemarau setiap tahun.

“Air ini tak hanya untuk mandi saja, namun juga keperluan memasak dan memberi minum ternak.”

Watini (50) warga lainnya menambahkan, dia dan warga lainnya harus bersabar mengambil air di lubang dasar sungai. Pengambilan dilakukan sedikit demi sedikit agar tidak bercampur tanah atau pasir dan kotoran lainnya.

“Air dari lubang dasar sungai paling hanya beberapa gayung saja. Setelah diambil, ya harus menunggu lubang kembali terisi air.”

Dia pun berharap agar pihak- pihak terkait memberikan bantuan. Tak hanya bantuan air bersih untuk mengatasi kesulitan saat ini, namun juga bantuan secara permanen.

“Lebih penting berupa bantuan sarana air bersih sehingga warga tidak kesulitan memenuhi kebutuhan air setiap hari.” (Joko Murdowo)

Editor : Budi Sarmun 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here