Dilantik Minggu Depan, Besok Malam Penetapan 45 Anggota DPRD Baru

0
18
pembentukan-fraksi-dprd-solo
FOTO : Gedung Paripurna DPRD Kota Surakarta. (suaramerdekasolo.com/dok)

SOLO,suaramerdekasolo.com Pelantikan anggota DPRD Surakarta periode 2019-2024 dilaksanakan pada Rabu (14/8) mendatang atau bertepatan dengan masa akhir jabatan wakil rakyat. Segala sesuatu terkait proses pelantikan para wakil rakyat ini sedang dipersiapkan Sekretaris DPRD Surakarta. Namun sebelum dilantik, para wakil rakyat ini harus ditetapkan terlebih dahulu oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surakarta.

Menanggapi jadwal penetapan calon wakil rakyat anyar ini, Ketua KPU Surakarta Nurul Sutarti memastikan, bahwa pelantikan anggota dewan Kota Solo yang baru ini akan digelar, Jumat (9/8) malam.
Hal itu dikatakan Nurul saat dihubungi. Nurul mengatakan, penetapan 45 anggota DPRD Solo hasil Pileg 2019 bakal dilaksanakan di kantor KPU Solo, Jumat (9/8). Dasar
penetapan tersebut adalah setelah Mahkamah Konstitusi (MK) RI membacakan putusan akhir hasil sengketa Pileg.

“Kita sudah dapat kepastian dari MK RI, 45 anggota DPRD Solo pada Jumat besok akan resmi ditetapkan,” ujar Nurul.

Dijelaskan pada 7 Agustus 2019, MK RI baru membacakan putusan sengketa
gugatan PAN hasil Pileg 2019 di wilayah Dapil 5 DPR RI. Meskipun sengketa itu lokasinya bukan di Solo, tetap memberikan pengaruh pada molornya penetapan hasil Pileg.

“SK penetapan turun kita langsung usulkan pelantikan 45 anggota DPRD ke Gubernur Jateng Ganjar Prabowo,” kata dia.

Bersyukur

Seperti diketahui, pada 14 Agustus mendatang adalah batas akhir masa jabatan anggota DPRD periode 2014-2019. Pelantikan dilaksanakan tanggal 14 Agustus agar tidak terjadi kekosongan jabatan di DPRD Solo.
Sementara itu, calon terpilih dari PDIP Wawanto, dan Partai Golkar Agus Nuryanto belum mengetahui tanggal pasti penetepan calon terpilih ini.
“Saya malah baru tahu, rencana penetapan calon terpilih DPRD Solo, Jumat. Semoga saya bisa datang juga ke acara itu,” kata Wawanto.
Adapun Agus bersyukur bila penetapan calon terpilih DPRD sudah ada sinyal terang. “Syukurlah segera ditetapkan,” katanya. (Budi Santoso)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here