Gara-gara Pimpinan Lima Dinas Kosong, Tiga Asisten Sekda Rangkap Jabatan

0
16
Ilustrasi-Lelang-Jabatan-Sekda
ILUSTRASI

KARANGANYAR,suaramerdekasolo.com – Lima jabatan kepala dinas di Karanganyar kosong. Bulan depan tambah lagi kepala dinas yang pensiun. Hal ini menyebabkan tiga asisten Sekda merangkap jabatan semua untuk menjadi pelaksana tugas kepala dinas. Semua staf juga harus ketiban pekerjaan tambahan.

Tiga asisten Sekda itu adalah Asisten I Bahtiat Syarif yang merangkap jadi Plt Kadis Kominfo. Asisten II Siti Maisyaroch yang merangkap sebagai Plt Kadis Peternakan dan Perikanan. Asisten III Sutarno yang sejak emam bulan lalu sudah merangkap menjadi Plt Sekda karena Sekda Samsi pensiun.

Kemudian Kadis Pariwisata Titis Sri Djawoto yang berhaji sehingga sekitar satu setengah bulan ini jabatannya dirangkap Kepala Bakesbangpol Agus Cipto Waluyo. Kemudian Kadis Permasdes Utomosidhi Hidayat yang juga berhaji dan kini jabatannya dirangkap Kabaperlitbang Muh Indrayanto.

Masih ada lagi Kepala Badan Keuangan Daerah Sumarno yang pensiun sejak 1 Agustus lalu dan kini jabatannya dirangkap olek Sekretaris BKD Narimo. Bulan depan tambah Kepala Dinas Lingkungan Hidup Edy Yusworo yang pensiun 1 September dan, serta Kadis PU Edy Sriyatno yang juga menunggu giliran pensiun.

Tugas Rangkap

Plt Sekda Sutarno yang dimintai komentar mengatakan, tidak ada pengaruhnya meski banyak pejabat yang pensiun. Semua tata administrasi dan pelayanan masyarakat sudah tertata rapi. Hanya memang semua harus bekerja keras karena tambahan beban pekerjaan.

‘’Alhamdulillah tupoksi (tugas, pokok dan fungsi)  semua berjalan. Tidak ada yang terlewat. Hanya memang semua harus fokus dan kerja keras. Sebab hampir semua kena tugas rangkap. Sehingga volume pekerjaan tambah berat,’’ kata dia.

Kegiatan lancar, penyerapan anggaran masih bagus. Lelang yang sempat mandeg karena ada peraturan baru kini berjalan. Sudah 80-an % proyek tinggal pengerjaan sebab semua sudah lelang. Sehingga penyerapan anggaran naik.

Beberapa waktu lalu sempat dikeluhkan dan menjadi bahan rekomendasi DPRD soal penyerapan yang masih 39-an %. Hal itu lebih karena banyaknya proyek yang tersendat karena ada aturan baru, sehingga semua proyek harus diedit ulang sebelum dilelang.

Kini semuanya sudah kelar dan selesai dilelang sehingga penyerapan anggaran mulai bagus dan kembali normal. Sutarno mengatakan semua pasti sudah dalam pemikiran Bupati untuk mengisi jabatan kosong itu.

Saat ini sedang dalam proses pengisian jabatan definitif sekda, setelah panitia seleksi merampungkan tugas. Dan kini tinggal menunggu kapan pelantikan pejabat definitifnya. Semua tentu Bupati yang berwenang.

Setelah itu baru pengisian jabatan kepala dinas yang mesti juga lewat pansel lagi. Namun diyakini semua masih on the track tidak ada yang terlewat. Termasuk kegiatan mengisi Agustusan yang kini lebih difokuskan ke desa dan kecamatan.(Joko DH)

Editor :Budi Sarmun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here