Adu Kebut Tanjakan Lawu Bakal Digelar

Sepeda-Tour-de-Solo-Raya
GENGGAM TANGAN: Sejumlah awak panitia balap sepeda Tour de Solo Raya bergenggam tangan usai memberi keterangan kepada pers di Rumahkoe Heritage-Hotel, Jumat (9/8). (suaramerdekasolo.com/Setyo Wiyono)

 

*Balap Sepeda Tour de Solo Raya

SOLO,suaramerdekasolo.com – Balap sepeda yang melintasi tiga wilayah kota/kabupaten di eks Karesidenan Surakarta, bakal digelar 15 September mendatang. Ajang adu kebut yang akan start di Balai Kota Surakarta, melewati Karanganyar dan finish di kawasan Solo Baru, Sukoharjo itu bartajuk Tour de Solo Raya 2019. Rute akan dites panitia, Sabtu (10/8).

Sebagian melalui jalur-jalur tanjakan di lereng Gunung Lawu. Bahkan ada rute tanjakan terjal di kawasan perbukitan Girilayu, Karanganyar. ‘’Maka ada juara King of Mountain (KoM) dan Queen of Mountain (QoM) pada tanjakan sepanjang lebih kurang enam kilometer di Girilayu yang kemiringan maksimalnya mencapai 22 persen tersebut,’’ kata ketua panpel, Rahman Haryanto kepada pers, Jumat (9/8).

Balap sepeda itu akan menempuh jarak sekitar 120 km. Setelah start dari Balai Kota Surakarta, peserta yang dipandu road captain Gunawan Indro memutari sejumlah ruas jalan di Kota Bengawan, sebelum mengarah ke Jurug, menuju Karangnyar. Selanjutnya mereka melewati Tasikmadu-Karanganyar Kota-Jumantono-Matesih hingga naik ke Girilayu.

Tes Rute

Lepas dari Girilayu, para pembalap akan melewati Karangpandan-Pendem-Mojogedang-Waduk Lalung- Sukoharjo, sebelum mengakhiri persaingan kecepatan di Solo Baru. ‘’Rencananya, kami akan tes rute dengan puluhan sepeda, Sabtu (10/8),’’ jelas Gunawan.

Lomba yang digelar komunitas sepeda Gowes Bangsawan (Gobang) Solo Raya tersebut diklaim bakal diikuti sekitar 600 peserta. Syarat peserta, bukan atlet yang telah malang-melintang dan menyabet berbagai gelar juara di berbagai kejuaraan.

‘’Kami ingin turut mendorong bibit-bibit pemula untuk berkompetisi, sehingga diharapkan mereka termotivasi untuk menjadi atlet,’’ tambah Rahman.

Para peserta akan dipilah menjadi beberapa kelompok. Di antaranya di bawah usia 35 tahun (U35), master A (35-44 tahun), master B (45-54 tahun), veteran (55-64 tahun) dan legend (65 tahun ke atas) bagi peserta putra. Sedangkan peserta putri dikumpulkan dalam satu kelompok, women open. Selain itu dibuka juga kelompok folding bike (sepeda lipat) dengan jarak tempuh sekitar 100 km.(D11)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here