PDI Perjuangan Dapat Jatah Menteri Paling Banyak

konggres-pdip-bali3
BERPIDATO : Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri berpidato saat Konggres V PDI Perjuangan di Bali. (suaramerdekasolo.com/Basuni Hariwo

*Megawati Jadi Ketua Umum Lagi

DENPASAR,suaramerdekasolo.com– Megawati Soekarnoputri dikukuhkan kembali sebagai Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) periode 2019-2024, dalam Kongres V yang digelar di Grand Inna Bali Beach, Sanur pada Kamis (8/8) malam. Sebelumnya, seluruh aspirasi dari semua 514 DPC di tingkat kota dan kabupaten serta 34 DPD di tingkat provinsi memang masih mengharapkan Megawati menjadi ketua umum partai pemenang Pemilu 2019.

Dalam Kongres yang bertema “Solid Bergerak Untuk Indonesia Raya” itu, Megawati juga meminta seluruh kader agar bersiap memenangkan Pemilihan Umum (Pemilu) kali ketiga berturut-turut pada 2024 mendatang.

Dalam kongres tersebut juga dipergunakan Megawati untuk meminta kepada Presiden Joko Widodo, agar PDIP mendapatkan porsi terbanyak dalam jajaran kabinet Presiden Jokowi lima tahun ke depan. “Pak Jokowi presiden lagi, pasti ada menterinya dari PDIP dan lebih banyak. Bapak presiden, saya minta dengan hormat, PDIP akan masuk dalam kabinet dalam jumlah menteri yang harus terbanyak,” kata Megawati, “ saat pembukaan dan langsung disambut dengan tepuk tangan dan sorak-sorai para kader partai berlambang banteng tersebut.
“Saya tidak mau kalau PDIP hanya dikasih jatah menteri sedikit, apalagi cuma empat, enak aja,” kata Mega disambut tepuk tangan riuh peserta kongres.

Mendengar ucapan Ketum PDI Perjuangan ini Jokowi yang duduk di barisan terdepan terlihat senyum senyum. Menurut Mega, kerja keras kader PDIP dalam Pemilu dan Pilpres 2019 kemarin sangat hebat.Terbukti bisa menang dengan suara yang cukup signifikan. Beberapa daerah bahkan perolehan suaranya sangat fantastis seperti di Jawa Tengah.

Megawati juga mengatakan bila suara di Jawa Tengah saat Pemilu 2019 juga didorong antara lain oleh pemindahan posko pemenangan capres Prabowo Subianto– Sandiaga Uno dari Jakarta ke Jawa Tengah. Menurut dia, bila tidak ada pemindahan posko tersebut, mungkin banteng-banteng di Jateng pada keasyikan mencari rumput. Dengan adanya pemindahan posko tersebut, pihaknya mengambil langkah taktis dengan membangunkan banteng-banteng Jawa Tengah untuk mengasah tanduknya dan menyerudik biar menang. “Saya bilang, ayo banteng banteng Jawa Tengah asah tanduk kalian jangan hanya merumput saja,” tandasnya.

konggres-pdip-bali5
BUKA KONGRES V: Ketua Umum PDI Perjuangan Soekarnoputri bersama Presiden Joko Widodo disaksikan Wapres Jusuf Kalla dan Wapres terpilih Ma’ruf Amin, membuka Kongres V dengan memukul alat tradisional Bali, pada Kamis (8/8). (suaramerdekasolo.com/Basuni Hariwoto)

Kursi Menteri

Mega bersyukur upayanya membangunkan banteng di Jawa Tengah bisa berbuah dengan perolehan suara capres Joko Widodo memperoleh suara hingga 76 persen lebih. Dengan perolehan suara tersebut suara Jokowi di Jawa Tengah bisa mengatasi devisit suara yang terjadi daerah lain.

Menanggapi permintaan dari Ketua Umum PDIP tersebut Presiden Joko Widodo menjawab langsung permintaan tersebut. Mantan Wali Kota Surakarta dan Gubernur DKI Jakarta ini berjanji akan memberi jatah menteri PDIP paling banyak dibanding partai partai lainnya.

“Saya jawab langsung permintaan ibu Mega soal jatah menteri. Kalau kemarin dapat empat, itu sudah paling banyak lho. Kalau lainnya dapat dua maka PDIP dapat empat. Kalau nanti lainnya dapat tiga, PDIP belum tentu dapat enam. Tapi yang jelas, PDIP pasti yang terbanyak. Jaminannya saya,” kata Jokowi sambil tertawa.

Dia juga mengakui bila adanya pemindahan posko pasangan Prabowo-Sandiaga Uno itu, membangkitkan para banteng Jawa Tengah. “Coba kalau tidak ada pemindahan posko, pasti banteng-bantengnya makan rumput terus, tidak tahu hasilnya berapa. Untung ada pindahan posko,” kata Jokowi, yang disambut tertawa ger-geran, seluruh peserta kongres.

Jokowi juga mengatakan bila dirinya yakin, dalam Kongres V kali ini seluruh kader PDIP bertekad untuk memenangkan calon-calon dari PDIP dalam gelaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 serta menang di Pemilu 2024 mendatang. Jokowi juga berterima kasih atas dukungan yang diberikan PDIP selama lima tahun ini dan mengharapkan kerjasama dalam lima tahun mendatang.

konggres-pdip-bali4
BERI SALAM: Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memberikan salam, saat hadir di acara Kongres V PDI Perjuangan yang berlangsung di Grand Inna Bali Beach Hotel Sanur, Kamis (8/8).(suaramerdekasolo.com/Basuni Hariwoto)

Kongres juga dihadiri Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla serta Wapres terpilih periode 2019-2024 Ma’ruf. Juga para ketua partai politik, seperti Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Partai Nasdem Surya Paloh, Ketua PKPI Diaz Hendropriyono, Ketua PPP Harsono Monoarfa. Juga Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Oesman Sapta Odang, Ketua Tim Kampanye Nasiona (TKN) Jokowi-Ma’ruf Eric Tohir, Ketua DPP PDIP Puan Maharani dan Ketua DPP PDIP Prananda Prabowo. Serta para menteri Kabinet Kerja, seperti Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menkum HAM Yasonna Laoly. (Basuni Hariwoto)

Editor : Budi Sarmun

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here