Sakit Hati Membuat Pelaku Lempar Mercon Paku ke rumah Sigit Purwanto

0
Teror-Mercon-klaten-Dipicu-Masalah-Pribadi
PELAKU MERCON: Bambang Murdoko (41), pelaku lempar mercon paku dibawa ke Mapolres Klaten dengan tangan diborgol. (suaramerdekasolo.com/Achmad H)

*Motif Pelemparan Mercon Paku 

KLATEN,suaramerdekasolo.comKasus pelemparan mercon paku di rumah Sigit Purwanto (49) warga Dusun Turen, Desa Ngemplak, Kecamatan Kalikotes akhirnya terkuak. Pelaku, Bambang Murdoko (41) nekat meneror karena masalah pribadi.
” Motif utamanya karena sakit hati pelaku,” jelas Kasat Reskrim Polres Klaten AKP Dicky Hermansyah, Kamis (8/8) siang mewakili Kapolres AKBP Aries Andi di Mapolres.

Penangkapan pelaku bermula dari laporan korban pada tanggal 6 Agustus 2019. Korban melapor ke Polsek Kalikotes sebab rumahnya dilempar mercon yang disertai paku usuk sekitar pukul 02.00. Ledakan keras membuat ketakutan sehingga kasus dilaporkan. Petugas yang mendapat laporan datang ke lokasi menyita barang bukti dan mengumpulkan sejumlah saksi.

Dari penyelidikan itulah didapati nama Bambang Murdoko. Pria yang beralamat di Kembang Barat, Kelurahan Kebayoran Lama Utara, Kecamatan Kebayoran Lama, Kabupaten Jakarta Selatan dan Dusun Panglon, Desa Gumulan, Kecamatan Klaten Tengah itu. Polisi memburu pelaku ke rumahnya tetapi tidak ada dan Rabu (7/8) sore ditangkap di jalan sekitar RSUD Bagas Waras. Barang bukti yang diamankan lima buah mercon tabung ukuran diameter empat centimeter panjang 17 centimeter. sejumlah paku, pipa paralon, bahan mercon, sumbu, sepeda motor dan lainnya.

Dibeli Pelaku

Mercon, lanjut Kasat, dibeli Rabu tanggal 29 Mei 2019 sekira pukul 21.00 sebanyak 10 buah dengan harga sebesar Rp. 120.000 untuk dinyalakan malam takbiran Idul Fitri. Namun mercon tidak dinyalakan dan disimpan oleh tersangka di rumahnya. Saat tersinggung dengan ucapan istri korban, Rubiyem alias Tina, pelaku menggunakan mercon itu untuk meneror sebanyak tiga kali.

Pada hari Jumat tanggal 26 Juli 2019 sekira pukul 22.00, hari Rabu tanggal 31 Juli 2019 sekira pukul 22.00 dan hari Selasa tanggal 6 Agustus 2019 sekitar pukul 02.00. Pelaku bisa dijerat pasal 1 ayat (1) UU Darurat 12 Tahun 1951 sebab menguasai dan menggunakan bahan peledak. Sebelumnya diberitakan rumah Sigit Purwanto (45) warga Dusun Turen, Desa Ngemplak, Kecamatan Kalikotes dilempar mercon yang disertai paku. Aksi teror itu membuat warga sekitar berhamburan karena ledakan keras. (Achmad H)

Editor : Hartanto Gondes

 

Tinggalkan Pesan