Tinggal Sehari Lagi, Penyakit Ternak Terus Diwaspadai

0
7
Penyakit-Ternak-Terus-Diwaspadai
MEMBERI PAKAN : Seorang peternak memberi pakan untuk sapinya di Desa Waleng, Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri, beberapa waktu lalu. (suaramerdekasolo.com/Khalid Yogi)

*Jelang Idul Kurban di Wonogiri

WONOGIRI,suaramerdekasolo.com – Menjelang Idul Adha, Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (Dislapernak) Kabupaten Wonogiri mengimbau masyarakat untuk memperhatikan kesehatan ternak yang akan dikurbankan. Hal itu untuk mengantisipasi adanya penyakit ternak.
 
Kepala Dislapernak Wonogiri Sutardi mengatakan, beberapa penyakit yang diwaspadai adalah cacing hati, scabies, dan antraks. “Sebelum ternak disembelih, diperiksa dulu apakah menderita scabies atau gudik,” ujarnya, Jumat (9/8).
 
Selain itu, masyarakat juga perlu memeriksa suhu badan ternak sapi. Pasalnya, suhu badan yang tinggi merupakan salah satu gejala penyakit antraks. “Kalau ada sapi mati mendadak, itu perlu diwaspadai,” imbuhnya.
 
Masyarakat juga diminta memeriksa organ hati apabila ternak sudah disembelih. Tujuannya untuk menghindari penyakit cacing hati. “Kami meminta jangan menyembelih sapi betina produktif. Larangan itu diatur dalam Undang-undang no 41/2014,” terangnya.
 
Adapun upaya mencegah penyebaran penyakit dilakukan dengan pemeriksaan sebelum ternak dikirim ke daerah lain. Ternak yang akan dikirim harus dibekali dengan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) dari dokter hewan.
 
Di sisi lain, pihaknya berpesan kepada masyarakat untuk menghindari penggunaan plastik hitam guna membungkus daging. Mereka diimbau menggunakan plastik bening atau putih khusus daging. 
 
“Plastik hitam tidak kami anjurkan karena merupakan plastik daur ulang sehingga berbahaya bagi kesehatan. Akan lebih baik lagi kalau bungkus dagingnya pakai daun atau besek (anyaman bambu),” katanya.
 
Pihaknya telah membentuk tim yang akan berkeliling memeriksa kesehatan ternak sebelum maupun sesudah dilaksanakannya penyembelihan kurban. (Khalid Yogi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here