Pemberdayaan Kampung KB Digenjot, Difokuskan Ke 61 Titik

0
16
pemberdayan-kb-klaten
GAPURA DUSUN: Gapura Dusun Gaten, Desa Mayungan, Kecamatan Ngawen ditulisi Kampung KB sejak tahun ini. (suaramerdekasolo.com/Achmad H)

KLATEN,suaramerdekasolo.com – Pemberdayaan Kampung KB di Kabupaten Klaten akan digenjot tidak hanya terbatas persoalan program keluarga berencana (KB). Kampung KB diintensifkan dengan kegiatan pemberdayaan.
Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan KB Pemkab Klaten, Much Nasir mengatakan Dinas mendorong Kampung KB tidak hanya mengurus KB dan dua anak tetapi akan dikembangkan untuk pemberdayaan.

” Pemerintah sudah membiayai, jangan hanya monoton tetapi harus inovatif,” jelasnya, Minggu (11/8).

Menurut Nasir, sejak tahun 2014 jumlah Kampung KB terus bertambah dan sampai 2019 sudah ada 61 titik. Termasuk di Desa Dukuh, Kecamatan Bayat yang diresmikan pekan lalu. Kampung KB ke depan akan menjadi model untuk dikembangkan guna mensejahterakan rakyat dalam skala yang lebih luas. Tidak hanya mengurus KB tetapi diberdayakan dan diintegrasikan dengan kegiatan lain.

Misalnya ada musyawarah desa, lokakarya, pertemuan rutin bina keluarga lansia, remaja dan lansia serta usaha peningkatan pendapatan keluarga sejahtera (UPPKS). Apabila masyarakat menginginkan ada pembinaan ekonomi, pembinaan remaja dan lainnya, Dinas akan memfasilitasi.

Dinas Mendukung

Dinas, kata Much Nasir, bisa mendukung dalam pembiayaan dan koordinasi dengan instansi lain. Dinas berupaya mengubah main set Kampung KB tidak hanya seremonial persoalan KB semata. Mulai tahun ini akan dikejar sehingga di akhir tahun ada hasil nyata. Bisa berupa peningkatan ekonomi, penguatan keluarga, pengurangan kenakalan remaja dan lainnya. Ouputnya harus jelas sebab sudah didanai dengan uang negara. Kampung KB mulai tahun ini bukan lagi hanya awal tetapi sudah masuk tahap penguatan. Termasuk melibatkan RT dan RW untuk lebih terlibat. (Achmad H)

Editor : Budi Sarmun

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here