Pilkada Klaten, KPU Usulkan Rp 56 Miliar

0
64
pilkada-klaten-2020
KANTOR KPU: Kantor KPU Kabupaten Klaten masih sepi dari kegiatan sebab belum ada tahapan Pilkada. (suaramerdekasolo.cm/Achmad H)

* Tahapan Mulai September 2019

KLATEN,suaramerdekasolo.comKomisi Pemilihan Umum (KPU) Klaten mengusulkan anggaran Rp 56 miliar ke Pemkab Klaten. Anggaran sebesar itu untuk pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020.
Ketua KPU Kabupaten Klaten, Kartika Sari Handayani mengatakan rencana awal anggaran yang diajukan beberapa bulan lalu sebesar Rp 61 miliar.

” Namun berkurang menjadi Rp 56 miliar saja,” katanya, Minggu (11/8).

Menurutnya anggaran sebesar itu diakui lebih besar dari anggaran di Pilkada 2015 yang hanya Rp 23 miliar. Peningkatan jumlah anggaran itu dinilai wajar sebab harga satuan barang berbeda tahun pasti berubah. Terlebih kali ini KPU mengadakan sendiri bilik sedang di Pilkada sebelumnya sudah ada. Meskipun anggaran naik dibandingkan lima tahun silam tetapi upaya efisiensi tetap akan dilakukan. Anggaran sebesar itu dengan estimasi ada lima calon.

Dua dari calon perseorangan dan tiga dari partai politik. Guna persiapan, KPU baru sebatas pembahasan anggaran dengan tim anggaran pemerintah daerah (TAPD), KPU telah diundang rapat bersama Pemkab dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) membahas anggaran itu.

Untuk tahapan pelaksanaan akan dimulai bulan September sesuai jadwal. Pilkada 2020 tidak hanya dilaksanakan di Kabupaten Klaten tetapi di semua wilayah eks Karesidenan Surakarta, terkecuali Kabupaten Karanganyar.

Pilkada Serentak

Pilkada 2020 sesuai dengan UU nomor 10/ 2016 tentang Perubahan Kedua atas UU nomer 1/2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti UU nomer 1/2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota menjadi UU. Pasal 201 menyebutkan pemungutan suara serentak gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta wali kota dan wakil wali kota hasil pemilihan 2015 dilaksanakan pada September 2020.

Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Klaten, Suwanto menjelaskan guna persiapan Pilkada, Bawaslu merencanakan rekrutmen Panwascam. Panwascam lama yang bertugas di Pileg dan Pilpres berakhir masa tugasnya bulan Juni. Jumlah yang akan direkrut sama dengan saat Pileg dan Pilpres. Setiap kecamatan direkrut tiga komisioner Panwascam sehingga jumlahnya 78 orang di 26 kecamatan. (Achmad H)

Editor : Budi Sarmun

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here