Anggota DPRD Baru Dilantik Jika Sudah Serahkan LHKPN

kursi-dprd-solo
FOTO ILUSTRASI

KARANGANYAR,suaramerdekasolo.com – Anggota DPRD baru akan dilantik jika sudah menyerahkan LHKPN (Lapora Harta Kekayaan Penyelenggara Negara). Dan saat ini seluruh caleg Karanganyar sudah menyerahkan LHKPN, dengan menyerahkan tanda terima penyerahan LHKPN yang diurus oleh partai atau staf partai.

‘’LHKPN sudah diurus jauh-jauh hari setelah dari formulir DB 1 (formulir hasil rekapan pleno) sehingga partai dan stafnya langsung mengurusnya dan diserahkan KPU. Partai Golkar sudah seminggu sbelumnya diserahkan, PDIP malah sudah sebulan lalu,’’ kata Trias Suryandari, Ketua KPU Karanganyar, Senin.

Dikatakan, para calon terpilih itu rata-rata sudah tahu mereka akan jadi anggota legislatif berdasarkan formulir DB1 tersebut. Sehingga partai langsung mengurus LHKPN setiap calon terpilih. Sehingga saat KPU mengumumkan calon terpilih mereka sudah memiliki bukti tanda terima penyerahan LHKPN.

Berdasarkan UU  nomor 28 tahun 1999 tentang penyelenggaraan negara yang bersih dan bebas KKN, pasal 5 menyatakan setiap penyelenggara negara berkewajiban, salah satunya berkaitan dengan LHKPN, bersedia diperiksa kekayaan sebelum, selama dan sesudah  menjabat.  Karena itu semua caleg sudah jauh-jauh hari mengurus.

‘’Ini bukan ranah KPU, dalam hal ini KPU hanya menerima tanda terima penyerahan LHKPN yang bersangkutan untuk kemudian diusulkan untuk dilakukan pelantikan kepada DPRD setelah sebelumnya mendapatkan SK Gubernur yang diurus lewat Bupati Karanganyar.

Anung Murwoko caleg terpilih dari Partai Golkar mengakui LHKPN dirinya sudah diurus staf jauh-jauh hari. Dia dapat laporan semuanya sudah selesai diurus partai sekitar dua minggu yang lalu dan selanjutnya tinggal menunggu pelantikan yang rencananya dilakukan 20 Agustus mendatang.

‘’Tinggal jas dan sepatu baru saja yang belum jadi dan sekarang sedang diurus oleh sekretariat DPRD Karanganyar,’’ katanya setengah bercanda.

Hal senada dikemukakan oleh Endang Muryani, Ketua DPC PDIP Karanganyar. Dia mengatakan, LHKPN caleg terpilih diurus oleh partai sejak sebulan lalu setelah mereka menerima formulir DB1 yang berisi hasil pleno perolehan suara. Sehingga dari situ siara caleg terpilih sudah bisa dilihat.

Hasil penetapan caleg terpilih, Senin diserahkan KPU ke Bupati Karanganyar Juliyatmono di pendapa rumah dinas. Rencananya melalui Bupati itu daftar caleg terpilih dimintakan SK dari Gubernur Jateng. Waktunya menurut Trias Suryandari sekitar seminggu sudah turun SK sehingga mereka akan langsung dilantik.(Joko DH)

Editor : Budi Sarmun

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here