Heboh, Rusa Jawa Turun Gunung Gegerkan Warga

3
13288
rusa-jawa-turun-gunung2
FOTO ILUSTRASI : https://en.wikipedia.org/wiki/Javan_rusa

* Akhirnya Diamankan BKSDA

KLATEN,suaramerdekasolo.com – Seekor rusa Jawa (cervus timorensis) yang diduga turun gunung diamankan petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Surakarta di Dusun/ Desa Towangsan, Kecamatan Gantiwarno, Klaten, Jateng. Rusa tersebut ditangkap warga saat masuk ke permukiman.

Giyono, warga RT 8/ RW 4 Dusun/ Desa Towangsan, Kecamatan Gantiwarno menjelaskan rusa itu masuk kampung sekitar pukul 02.00 WIB.

” Saya curiga saat pukul 02.00 WIB ayam saya di kandang ribut,” ungkapnya, Senin (12/8).

Sebab curiga, dirinya mengecek ke kandang dengan membawa lampu senter mencari sumber suara. Namun saat dicek tidak ada apa-apa di kandang. Pukul 04.30 WIB, ayam di kandangnya kembali resah beterbangan.

Dirinya kembali mengecek ke kandang di belakang rumah dan kaget saat melihat rusa tersebut. Rusa setinggi satu meter itu semula dikira kambing yang lepas saat acara kurban. Namun setelah dicermati tidak ada ekornya dirinya ketakutan sebab tidak menduga ada seekor rusa di kandang ayamnya. Kejadian itu diberitahukan ke warga sekitar dan warga pun geger.

Baca : Asal Muasal Rusa Jawa di Gantiwarno Masih Misterius

Oleh warga rusa berbulu cokelat tanpa tanduk itu ditangkap dan dikandangkan di bekas kandang ayam. Rusa itu tidak jinak dan cenderung liar sebab saat melihat orang ketakutan. Paginya kejadian itu dilaporkan ke balai desa, kecamatan dan Pemkab. Pemerintah desa melaporkan temuan itu ke BKSDA Solo.

Baca juga : Kisah Tiga Bersaudara Di Boyolali Hidup Kekurangan

Baca : Ratusan Batu Dinding Candi Ditemukan Di Talud Rel

rusa-jawa-turun-gunung
MOBIL PATROLI: Petugas BKSDA membawa seekor rusa Jawa yang ditangkap warga Dusun/ Desa Towangsan, Kecamatan Gantiwarno, Senin (12/8).(suaramerdekasolo.com/Acham H)

Ada Luka

Tim BKSDA yang dipimpin Kepala Resort BKSDA Surakarta, Sudadi bersama dua personel mengecek ke lokasi. Rusa Jawa itu dibawa ke Solo untuk dirawat sebab ada luka di kaki dan di bawah matanya. Sudadi mengatakan rusa Jawa merupakan hewan langka dan endemik Pulau Jawa. Habitatnya di pegunungan di Pulau Jawa dan tersebar di banyak wilayah.

Rusa tersebut kemungkinan turun gunung, tetapi dari Gunung Merapi atau perbukitan Gunung Kidul, BKSDA belum bisa memastikan.

” Kami bawa ke Solo dulu. Kami minta masyarakat melapor jika ada temuan hewan dilindungi,” katanya.

Temuan rusa Jawa itu tidak urung menjadi tontonan warga sekitar. Warga heran sebab kejadian itu baru kali pertama. Dusun tidak dekat dengan hutan, jauh dari Gunung Merapi dan tidak ada yang memelihara rusa. Kepala Desa Towangsan, Kecamatan Gantiwarno, Sigit Isrutiyanto mengatakan kejadian itu sangat mengagetkan sebab desanya jauh dari hutan atau gunung.

Di sekitar desanya juga tidak ada warga yang memiliki rusa atau beternak rusa. Jarak dengan Gunung Merapi juga puluhan kilometer. Pegunungan terdekat hanya perbukitan Gunung Kidul di selatan kecamatan yang jaraknya sekitar belasan kilo meter. Tempat terdekat yang ada rusanya hanya taman candi Prambanan dan jenisnya berbeda dengan yang diamankan warganya. (Achma H)

Editor : Budi Sarmun 

 

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here