Rumah Terbakar, 4 KK Warga Desa Gedongan Mengungsi ke Serambi Masjid

0
kebakaran-rumah-karanganyar
LUDES : Warga membersihkan puing-puing di rumah milik Suradi, warga Dusun Depe RT 2 RW 9 Desa Gedongan, Kecamatan Colomadu, Senin (12/8). (suaramerdekasolo.com/Irfan Salafudin)

KARANGANYAR,  suaramerdekasolo.com –Kebakaran meluluhlantakkan rumah milik Suradi (70), warga Dusun Depe RT 2 RW 9 Desa Gedongan, Kecamatan Colomadu, Minggu (11/8) malam pukul 23.00 WIB. 
Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran rumah yang dihuni 11 jiwa dari empat kepala keluarga (KK) tersebut. Kerugian belum bisa ditaksir, namun uang infak masjid yang disimpan di rumah Suradi ikut terbakar. 

Diduga, kebakaran terjadi karena api dalam tungku di dapur belum dipadamkan. 
Informasi yang dihimpun, kobaran api pertama kali diketahui warga sekitar, sementara penghuni rumah terlelap tidur. Tahu ada kebakaran, tetangga langsung membangunkan penghuni rumah untuk menyelamatkan diri. 

Empat mobil pemadam yang tiba di lokasi kejadian, berhasil menjinakkan api selang satu jam, dengan dibantu masyarakat sekitar. Namun api sudah melumat seluruh bagian atap, serta perabot di dalam rumah. 

Ketua RT 2 RW 9 Surono mengatakan, rumah tersebut dihuni Suradi dan istri, tiga anaknya yakni Aris, Arifianto dan Suyadi, serta menantu dan cucu. “Total ada 11 jiwa yang tinggal di rumah tersebut,” katanya. 

Evakusasi

Karena kondisi rumah sudah tidak mungkin ditinggali, keluarga tersebut sementara ini mengungsi ke serambi masjid. 
“Untuk kerugiannya, kami belum tahu. Tapi ada uang infak masjid yang ikut terbakar. Nilainya mungkin Rp 9 jutaan. Pak Suradi memang takmir masjid kampung. Biasanya, kotak infak disimpan di rumahnya. Setiap bulan, uang disetor ke bank. Yang terbakar itu hasil infak sekitar setengah bulan,” tuturnya. 

Saat warga mengevakuasi barang-barang, mereka mendapati kotak infak tersebut. Sebagian isinya sudah terbakar, sebagian lainnya berhasil diselamatkan. Namun belum diketahui, apakah yang bisa diselamatkan tersebut kondisinya rusak atau tidak. 

Kepala Satpol PP dan Damkar Kurniadi Maulato menjelaskan, Suradi mengalami luka bakar di punggung saat  berusaha menyelamatkan diri. 
“Kebakaran terjadi karena api dalam tungku belum mati. Korban membakar grajen kayu di tungku. Kemungkinan api dari tungku itu merambat ke dinding, hingga terjadi kebakaran di rumah berukuran 12 x 21 meter itu,” imbuhnya. (Irfan Salafudin)

Editor : Hartanto Gondes

 

Tinggalkan Pesan