Arcapada Siap Tangani Sirkuit Panjat Tebing

0
71
Arcapada-Sirkuit-Panjat-Tebing
ASAH KEMAMPUAN: Atlet pelajar Solo, Nandito Sumenang mengasah kemampuannya dalam latihan pada jalur lead di kompleks Stadion Manahan, pekan lalu. (suaramerdekasolo.com/Setyo Wiyono)

 

*Persaingan Pemanjat Pemula Solo Raya

SOLO,suaramerdekasolo.comMahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Arcapada Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta siap menangani sirkuit panjat tebing (SPT) yang akan kembali diputar di wilayah Solo Raya, awal September mendatang. Kesiapan itu  telah disampaikan Ketua Arcapada, Moch Choirul Ikhsan kepada jajaran Pengkot Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Solo.

‘’Adik-adik di Mapala Arcapada menyatakan sanggup menyelenggarakan ajang SPT yang beberapa tahun terakhir tersendat-sendat. Sudah pasti, FPTI bakal memberi dukungan maksimal,’’ kata pengurus bidang jalur Pengkot FPTI Kota Begawan, Anang Hartono, Selasa (13/8).

Pria yang juga mantan anggota Arcapada itu mengungkapkan, pihak mapala nantinya bakal bertindak sebagai pelaksana kegiatan atau organizing committee (OC) dalam kepanitiaan. Sementara beberapa pengurus FPTI berposisi sebagai panitia pengarah atau steering committee (SC). Dengan demikian, tujuan sirkuit guna membangun lagi suasana kompetisi para atlet-atlet pemula di Solo Raya, diharapkan dapat benar-benar tercapai.

Di Unisri

Mengenai venue sirkuit, ada dua alternatif yang telah dirancang jajaran federasi itu. Yakni menggunakan venue Solo Sport Climbing Center di kompleks Stadion Manahan, atau bisa memanfaatkan papan panjat di kampus markas mapala yang menyelenggarakan. Tentu dengan ketentuan, papan panjatnya layak untuk lomba.

‘’Arcapada akan menggunakan papan panjat mereka di kampus Unisri kawasan Kadipiro, sebagai arena berkompetisi para peserta SPT nanti,’’ tutur Anang.

Sekretaris FPTI Solo Yasin Tanaka menyambut positif kesanggupan Arcapada. Pihaknya berharap, pelaksanaan sirkuit ke depan dapat ditangani mapala-mapala lain secara bergiliran. ‘’Kami segera bergerak melakukan sosialisasi dan komunikasi dengan pengurus FPTI kabupaten-kabupaten lain di eks Karesidenan Surakarta mengenai rencana pelaksanaan SPT itu,’’ ujarnya.

Rancangannya, sirkuit bagi para pemanjat pemula tersebut bakal menggelar kategori lead dan speed. Pesertanya dibuka untuk kelompok pelajar dan mahasiswa/mapala. Jika dapat digelar berkala secara rutin, ajang itu bisa memacu munculnya bibit-bibit atlet potensial di Solo Raya.(Setyo Wiyono)

Editor : Budi Sarmun

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here