Asal Muasal Rusa Jawa di Gantiwarno Masih Misterius

0
1479
rusa-jawa-turun-gunung
MOBIL PATROLI: Petugas BKSDA membawa seekor rusa Jawa yang ditangkap warga Dusun/ Desa Towangsan, Kecamatan Gantiwarno, Senin (12/8).(suaramerdekasolo.com/Acham H)

KLATEN,suaramerdekasolo.comKemunculan rusa Jawa (cervus timorensis) di Desa Towangsan, Kecamatan Gantiwarno, Klaten, Jateng sangat mengagetkan.

Kepala Desa Towangsan, Kecamatan Gantiwarno, Sigit Isrutiyanto mengatakan kejadian itu sangat mengagetkan sebab desanya jauh dari hutan atau gunung. Berdasarkan pengetahuannya, di sekitar desanya juga tidak ada warga yang memiliki rusa atau beternak rusa.

Jika ditelusur dari habitat rusa Jawa yang berada di hutan atau gunung. Pendekatan yang bisa dipakai adalah pegunungan atau hutan yang terdekat adalah Gunung Merapi dan perbuktian Gunung Kidul yang diukur jaraknya dari desa mencapai puluhan kilometer.

“Pegunungan terdekat hanya perbukitan Gunung Kidul di selatan kecamatan yang jaraknya sekitar belasan kilo meter,” katanya.

Ada dugaan rusa-rusa ini terlepas dan lari dari Area Candi Prambanan. Namun, indikasi ini sementara terbantahkan karena jenis rusa yang diamankan warganya berbeda dengan rusa yang ditangkar di area candi. Lalu bagaimana rusa itu bisa hadir di tengah-tengah perkampungan warga, hal ini yang masih menjadi tanda tanya besar ?


Belum Dipastikan

Tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Surakarta yang dipimpin Kepala Resort BKSDA Surakarta, Sudadi belum juga memastikan asal muasal rusa ini. Namun berdasarkan hasil penelitian, rusa Jawa merupakan hewan langka dan endemik Pulau Jawa.

Habitatnya di pegunungan di Pulau Jawa dan tersebar di banyak wilayah. Rusa tersebut kemungkinan turun gunung, tetapi dari Gunung Merapi atau perbukitan Gunung Kidul, BKSDA belum bisa memastikan. (Budi Santoso)

Editor : Hartanto Gondes

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here