Bukan Rusa,  Satwa Yang Gegerkan Warga Gantiwarno adalah Kijang

0
2535
kijang-jawa
FOTO ILUSTRASI : Kiang Jawa ( https://blogs.uajy.ac.id)

 

KLATEN,suaramerdekasolo.com – Warga Dusun/Desa Towangsen, Kecamatan Gantiwarno, Klaten, Jateng pada Senin (12/8) dihebohkan kehadiran mamalia liar. Pada berita sebelumnya, warga menyebutkan bahwa binatang itu jenis rusa. Namun setelah dilakukan penelitian lebih cermat lagi, akhirnya diketahui jenis binatang pemakan rumput dan tumbuhan itu. 

Kepala Resort BKSDA Surakarta, Sudadi binatang dilindungi yang dilindungi itu adalah jenis kijang, bukan rusa Jawa yang selama ini disebut-sebut sejumlah pihak. Jadi bukan rusa tetapi kijang Jawa dan kami titipkan di TSTJ,” tegas Sudadi, Selasa (13/8).

Mengutip dari https://alamendah.org, kijang (muntiacus muntjak) merupakan salah satu rusa asli Indonesia. Kijang merupakan salah satu dari 4 jenis rusa yang dimiliki Indonesia selain rusa bawean, rusa timor, dan rusa sambar. Khusus di Indonesia, kijang dapat ditemukan mulai dari Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali hingga Lombok.

Baca : Asal Muasal Rusa Jawa di Gantiwarno Masih Misterius

Baca : Kijang Tertangkap Warga Di Gantiwarno Sudah Aman, Ini Kondisi Terkininya

Jenis rusa yang asli Indonesia ini, bersama anggota genus Muntiacus lainnya, dipercaya sebagai jenis rusa tertua. Kijang berasal dari Dunia Lama dan telah ada sejak 15 – 35 juta tahun yang silam.

Kini kijang yang diamankan petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Surakarta di Dusun/ Desa Towangsan, Kecamatan Gantiwarno, Klaten dititipkan ke Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ). (Budi Santoso)

 

Editor : Heru Susilo

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here