Diselidiki BKSDA, Kijang Dititipkan di Taman Jurug

0
108
rusa-jawa-turun-gunung3
KANDANG BESI: Kijang Jawa (rusa) yang dievakuasi petugas BKSDA menjadi tontonan warga di Desa Towangsan, Kecamatan Gantiwarno, Klaten. (suaramerdekasolo.com/Achmad H)

 

KLATEN,suaramerdekasolo.comKijang yang diamankan petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Surakarta di Dusun/ Desa Towangsan, Kecamatan Gantiwarno, Klaten dititipkan ke Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ).

Kepala Resort BKSDA Surakarta, Sudadi mengatakan binatang dilindungi itu dititipkan ke dokter di TSTJ agar mendapatkan perawatan yang intensif. ” Jadi bukan rusa tetapi kijang Jawa dan kami titipkan di TSTJ,” ungkapnya, Selasa (13/8).

Menurutnya keputusan menitipkan satwa itu ke TSTJ selain agar mendapat perawatan lebih baik juga karena di tubuh hewan langka itu ditemukan sejumlah luka. Luka itu kemungkinan didapat saat perjalanan sampai ke permukiman atau selama berada di dalam kandang. Luka ditemukan di kaki, dekat mata dan paha. Dugaan sementara, kijang tersebut merupakan hewan liar dan belum pernah dipelihara. Namun untuk memastikan, balai masih menyelidiki kasus itu.

Balai meminta masyarakat apabila menemukan binatang dilindungi untuk segera melapor ke pemerintah setempat atau ke balai. Meskipun kijang sudah dibawa petugas, sampai kemarin rasa penasaran warga masih kuat. (Achmad H)

Editor : Budi Sarmun 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here