Partai Golkar-PSI Solo Sepakat Bentuk Fraksi Sendiri di DPRD Surakarta

0
138
fraksi-golkar-psi
BERIKAN KETERANGAN : Sekretaris DPD Partai Golkar Bandung Joko Suryono (kanan), dan Ketua DPD PSI Solo, Muhammad Bilal, memberikan keterangan soal kesepakatan Partai Golkar dan PSI berkaolisi di DORD Surakarta, Selasa (13/8). (suaramerdekasolo.com/Budi Santoso)



*Bergabung Bentuk Koalisi Kecil

,suaramerdekasolo.com – Jelang pelantikan calon terpilih DPRD Surakarta periode 2019-2024, Rabu (13/8) besok pagi. Partai Golkar dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyatakan diri bergabung dalam satu fraksi di DPRD Kota Surakarta. Koalisi kedua partai ini diumumkan Selasa (13/8) di gedung DPRD Kota Surakarta. 

Hadir dalam jumpa pers Sekretaris DPD Partai Golkar Bandung Joko Suryono, Ketua DPD PSI Solo Muhammad Bilal dan perwakilan kedua partai tersebut

Bandung kepada wartawan mengungkapkan, kesepakatan Partai Golkar dan PSI di parlemen ini melalui proses diskusi yang panjang di masing-masing partai. Di DPD Partai Golkar, keputusan untuk merangkul PSI dalam pembentukan fraksi gabungan ini melalu diskusi panjang dalam rapat pleno DPD Partai Golkar yang di gelar Minggu (11/8) dengan agenda pembentukan fraksi.

“Karena AD ART bahwa pembentukan fraksi parti golkar menjadi kewenngan DPD. Kemudian termasuk di dalam menentukan nama, gabungan, dan kompisisi dan personalia. Bahwa fraksi legislatif AD ART badan pelaksana kebijakan partai, maka teman teman yang ada di fraksi memang menjadi sebuah keharusan, keputusan politik senantiasa dikoordinasikan dengan DPD.

Menyadari perolehan kursi di DPRD hanya 3 kursi, namun sesuai ketentuan peraturan peurndangan fraksi minimal 4 kursi, Partai Gokar harus melakukan gabungan fraksi,” terang Bandung.

Diungkapkan, proses pembentukan fraksi secara eksternal juga sudah dilakukan DPD Partai Golkar dengan melakukan lobi-lobi politik bersama PSI.

“Di rapat pleno disampaikan yang sudah merapat ke Golkar adalah PSI, meskipun terjadi pembahasan yang cukup panjang, ada yang menghendaki koalisi besar, tapi ada yang menghendaki  Golkar PSI bergabung. Diskusi juga membahas plus minusnya, akhirnya disepakati Golkar berkoalisi dgn PSI. Karena sudah menjadi keputusan politik Partai Golkar kami sampaikan kepada pengurus PSI Kota Surakarta,” jelas Bandung.

Partai Golkar-PSI

Terkait nama fraksi yang akan dipakai dalam koalisi gabungan ini. Kedua partai ini menyepakati namanya adalah Fraksi Partai Golkar-PSI. Komposisi personalia juga sudah terbentuk yakni ketua fraksi Taufiqurrahman, wakil ketua Antonius Yoga Prabowo, sekretaris Agus Nuryanto, dan bendahara Margono.

Bandung berkeyakinan dengan pembentukan fraksi gabungan Partai Golkar-PSI diharapkan kiprah fraksi ini bisa mewarnai kebijakan-kebijakan politik di legislatif.

“Kita menyadari memiliki empat kursi, tapi kita akan mengawal agar senantiasa berpihak kepada  kepentingan dari aspirasi rakyat, termasuk melakukan koreksi-koreksi.”

Sementara Ketua DPD PSI Solo  Muhammad Bilal menambahkan, keputusan penggabungan fraksi ini menjadi kabar gembira. “Ini Kabar yang bahagia bagi kami, selaku partai yang baru bergabung dan bekerja sama dengan partai yang senior, besar dan kokoh,” katanya.

Halaman: 1 | 2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here