Diduga Kawanan Kijang Masih Berkeliaran, Bila Kepergok Warga Diimbau Lapor

0
204
kijang-jawa2
FOTO ILUSTRASI : harapanrakyat.com

KLATEN,suaramerdekasolo.com – Sekretaris Desa Towangsan. Kecamatan Gantiwarno, Suryo Hadiyanto sampai sekarang masih heran. Bersama warga lainnya mengaku masih banyak yang penasaran dan tidak percaya ada kijang di permukiman penduduk.

Pemerintah desa pun melakukan langkah cepat dan mengimbau ke warga, apabila nantinya menemukan lagi diminta segera melapor.

” Namun sejauh ini, hanya satu yang ditemukan. Belum ada laporan kawanan lainnya,” katanya, Selasa (13/8).

Menurutnya, wajar jika masyarakat heran sebab desanya jauh dari hutan dan taman satwa.
Di desanya, lanjut Suryo, juga tidak ada warga yang beternak kijang atau rusa. Agar tidak memunculkan praduga yang tidak-tidak, hewan langka itu dilaporkan ke BKSDA agar mendapatkan penanganan yang layak. Di dekat desanya memang ada alur sungai yang jika dirunut berhulu di Gunung Merapi, semisal alur Sungai Dengkeng.

Baca :Heboh, Rusa Jawa Turun Gunung Gegerkan Warga

Baca : Asal Muasal Rusa Jawa di Gantiwarno Masih Misterius

Namun jarak desanya dengan Gunung Merapi sangat jauh sehingga kecil kemungkinan binatang itu berasal dari Gunung Merapi. Di sisi selatan diakui ada deretan perbukitan seribu yang membentang dari Yogyakarta-Gunung Kidul-Wonogiri tetapi jaraknya lumayan jauh.

Sebelumnya diberitakan warga di Desa Towangsan digegerkan penemuan rusa Jawa di kandang ayam warga. Warga ketakutan sebab permukiman jauh dari hutan dan gunung.

Giyono, penemu kali pertama mengatakan sebelum masuk ke kandang ayamnya menurut keterangan warga lain, binatang itu sempat terlihat di sawah dekat desa. Namun warga hanya menduga sebagai kambing jawa sehingga tidak dipedulikan. Warga sempat takut sebab muncul di permukiman sehingga khawatir dikaitkan dengan hal-hal klenik yang bisa meresahkan. (Achmad H)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here