Modul Pendamping SMP Ternyata Tak Disosialisasikan ke Orang Tua

0
59
modul-sekolah
KIRIMAN WARGA: Koordinator ARAKK, Abdul Muslih menunjukkan gambar kuitansi kiriman warga soal pengadaan modul sekolah, Selasa (13/8). (suaramerdekasolo.com/Achmad H)

KLATEN,suaramerdekasolo.com – Modul pendamping siswa itu ditawarkan oleh perusahaan daerah dengan harga belasan ribu rupiah di Kabupaten Klaten ternyata tak diketahui orang tua siswa. Sudiman, orang tua siswa mengatakan anaknya baru masuk SMP 2 Kemalang tahun ini.
” Saat pulang membawa penawaran modul itu,” katanya, Rabu (14/8).

Penawaran modul itu menurutnya berasal dari sekolah untuk diserahkan orang tua. Dirinya kaget sebab sebelumnya tidak ada sosialisasi akan ada pengadaan modul pendamping siswa. Seharusnya jika sifatnya penawaran, rencana disosialisasikan sejak awal sehingga siswa tidak cemas. Dengan tidak diketahui orang tus siswa sebelumnya, membuat orang tua berpikir berat. Sebab kondisi orang tua belum tentu memiliki uang untuk membayar uang sebesar itu.

Meskipun tidak ada kata paksaan tetapi dengan mendadak semacam itu bisa memunculkan kondisi terpaksa yang ujungnya membebani siswa dan orang tua. Sebagai orang tua, sebenarnya tidak masalah jika membelikan buku untuk membuat pandai anak. Namun jika sejak awal dijelaskan, para orang tua akan mempersiapkan sejak jauh hari.

Koordinator Aliansi Rakyat Anti Korupsi Kabupaten Klaten (ARAKK), Abdul Muslih mengatakan yang dikhawatirkan adalah modul itu dibuat oleh lembaga lain tetapi dijual oleh perusahaan daerah. Tahun sebelumnya, modul diadakan musyawarah kerja kepala sekolah (MKKS), tahun ini ganti oleh perusahaan yang ditawarkan ke sekolah.

Sebelumnya diberitakan suaramerdekasolo.com (13/8), penawaran pengadaan modul pendamping siswa meresahkan warga. Harganya Rp 12.500-Rp 16.500 per buku. Plt Kepala Dinas Pendidikan Pemkab Klaten, Sri Nugroho mengatakan Dinas sudah meminta penjelasan ke MKKS SMP dan bidang SMP. Pengadaan modul itu baru sebatas penawaran ke orang tua. Membeli bisa dan tidak pun tidak masalah. Penawaran itu juga dilakukan penerbit-penerbit lain. (Achmad H)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here