Pelantikan DPRD Periode 2019-2024 Berlangsung Sakral dan Lancar

0
177
foto-bersama-anggota-dprd-solo
FOTO BERSAMA : Anggota DPRD Surakarta periode 2019-2024 berfoto bersama di depan pintu masuk gedung paripurna Karangasem, Laweyan, Solo. (suaramerdekasolo.com/Budi Santoso)

*Sinergikan Anggota Dewan Junior Senior

SOLO,suaramerdekasolo.com – Kesakralan proses pembacaan sumpah/janji anggota DPRD Surakarta periode 2019-2024 saat proses pelantikan yang digelar, Rabu (14/8) benar-benar terjaga. Bagian Humas Protokoler Pemkot Surakarta dan Sekretariat DPRD Kota Surakarta telah menyelesaikan tanggung jawabnya dengan baik dalam menggelar seremoni tersebut.

Semenjak kehadiran undangan yang terdiri atas muspida, jajaran vertikal, pimpinana BUMN/BUMD, keluarga anggota dewan terpilih, sekitar pukul 09.30 WIB. Dilanjutkan acara inti, hiburan tarian dari SMK Negeri 8 Surakarta, lalu iring-iringan wali kota-wakil wali kota, muspida, pimpinan DPRD, anggota DPRD lama dan baru memasuki ruangan gedung paripurna.

Hingga dilanjutkan proses pembacaan keputusan gubernur, pengucapan sumpah/janji anggota DPRD, dan penandatanganan berita acara, serta penyematan PIN dan penyerahan SK, seluruhnya berlangsung lancar dan sakral.

Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo dalam sambutannya usai membacakan pidato Gubernur Jateng Ganjar Pranowo memberikan apresiasi atas terselenggaranya acara pelantikan anggota DPRD Surakarta periode 2019-2024. Dalam amanatnya Wali Kota meminta sinergi antara legislatif dan eksekutif dalam membangun Kota Solo ini tetap dipertahankan.

Wali kota FX Hadi Rudyatmo juga menegaskan kepada anggota dewan yang baru harus menjalankan amanah yang diberikan rakyat di gedung dewan ini.

“Anggota DPRD yang baru, dan bekerja di gedung rakyat ini, di sini bukan tempat mencari uang, junjung tinggi interitas dan jalani sumpah janji
, tugas fungsi sebagai anggota wakil rakyat yang baru,” tegas wali kota.

pelantikan-dprd-solo
ANGGOTA DPRD BARU : Iring-iringan anggota DPRD Surakarta yang baru memasuki gedung paripurna DPRD Karangasem, Laweyan Solo.

Sinergi Senior Junior

Ketua DPRD Surakarta Sementara Teguh Prakosa menambahkan, komposisi anggota DPRD 2019-2024 mayoritas diduduki oleh politikus muda dan bersemangat. Sementara wakil rakyat lama, berpengalaman dan senior mulai berkurang. Oleh karena itu, Teguh berharap, ke depan antara anggota dewan yang baru dan lama, yang senior dan junior segera bersinergi.

“Mari bawa lembaga eksekutif ini sebagai tempat belajar bersama, bersinergi, dan bekerja sama membangun Kota Solo,” kata mantan ketua DPRD Surakarta periode 2014-2019 ini.

Mewakili wakil rakyat senior di parlemen Solo, YF Sukasno meminta rekan-rekannya di DPRD terus mengasah kemampuan, keterampilan, dan pengetahuan dalam menjalankan fungsi-fungsi legislator. Wakil rakyat dari PDI Perjuangan itu mengimbau wakil rakyat yang baru maupun lama, setiap hari rajin-rajinlah membaca, maka fungsi kontrol (pengawasan) legislasi (membuat peraturan daerah), dan penganggaran (penyusunan APBD) bisa dilaksanakan dengan baik. Tetapi jangan lupa merakyat, turun ke bawah dan mendengar aspirasi rakyat,” pesannya. (Budi Santoso)

Editor : Hartanto Gondes

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here