SDIT Insan Cendekia Rebut Juara Umum Jambore Kwartir Ranting Teras 2019

0
107
sdit-insan-cendikia
JUARA UMUM : SDIT Insan Cendekia Caplok Juara Umum Jambore Kwartir Ranting Teras, Boyolali. (suaramerdekasolo.com/dok)

 

BOYOLALI,suaramerdekasolo.com – Prestatif ! Tagline itu kembali diterjemahkan dalam aksi nyata oleh kontingen pramuka putra “Sekolah Presiden” SDIT Insan Cendekia, Teras, Boyolali dengan merebut juara umum Jambore Kwartir Ranting Teras 2019.

Pada perkemahan yang berlangsung dari Senin-Rabu, 12-14 Agustus 2019 di Lapangan Desa Sudimoro, Teras, Boyolali ini regu putra pramuka SDIT Insan Cendekia berhasil mengungguli SD/MI se-Kecamatan Teras.

Kak Hastiningrum selaku Kepala Urusan Kesiswaan memberi keterangan terkait jurus kemenangan ini. “Keunggulan regu putra ada pada meratanya kualitas mereka,” jelasnya.

Lebih lanjut wanita berkaca mata ini menjelaskan komposisi regu putra diisi oleh murid-murid yang unggul di berbagai bidang. Ada yang hebat di pioneering, ada yang jago di semaphore, sandi, dan lainnya. Kekuatan itulah yang membentuk regu tambah solid sehingga berhasil memenangkan beberapa perlombaan.

Maju Tingkat Kabupaten

Di antara perlombaan yang dimenangkan itu adalah juara 1 pioneering, juara 1 kebersihan, kerapian, dan keindahan tenda (K3), juara 2 ranking 1, dan juara 3 scouting skill. Hasil inilah yang mengantarkan mereka merebut juara umum dan terpilih untuk berlaga kembali di Jambore Cabang Boyolali.

Hasil ini tentu saja tidak instan. Pramuka sendiri merupakan ekstrakurikuler yang wajib diikuti oleh seluruh siswa kelas 1-5 SDIT Insan Cendekia. Khusus jambore ini latihan intensif selama dua pekan dilakukan dari pukul 08.00 wib hingga pukul 16.00 wib. Kak Fatkhiya, Kak Dera Fitri, Kak Singgih Anshori, dan Kak Dieni ‘Izzati begitu telaten dan kreatif membina mereka.

“Capek, tapi senang. Banyak teman dan pengalaman. Kalau bisa kemahnya lebih lama karena yang kemarin terlalu singkat.” kata Nashrul Fajri Asykarillah, salah satu anggota regu Elang mengomentari kemahnya ini. Bagi Fajri ini adalah perkemahan untuk yang kesekian kali. Sebelumnya murid asal Bekasi ini sudah ikut di berbagai perkemahan mulai tingkat ranting hingga nasional.

Setelah sukses di jambore bertema “Mendidik, Aktif, Kreatif, dan Gembira” ini regu Elang dari SDIT Insan Cendekia akan mewakili Kecamatan Teras dalam jambore cabang beberapa bulan mendatang.

Meski target juara berhasil digenggam tapi segenap keluarga besar SDIT Insan Cendekia tetap menganggap bahwa piala bukanlah satu-satunya capaian terbaik. Lebih jauh dari sekedar piala adalah bagaimana kegiatan pramuka mampu membentuk pribadi yang tangguh, mandiri, bekerja sama, dan bertakwa. Inilah pramuka sesungguhnya. (Budi Santoso)

Editor : Nindya Achmadi

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here