6 Penyakit Aneh dan Langka di Dunia

0
34
6-penyakit-aneh-dunia
FOTO ILUSTRASI

Penyakit Aneh dan Langka – Penyakit seperti Jantung, Diabetes ataupun Hipertensi adalah penyakit yang umum kita dengar dan diderita oleh banyak orang. Sudah banyak penelitian yang dilakukan untuk mencegah dan mengobatinya.

Namun, beberapa penyakit di bawah ini sangat langka terjadi. Bahkan, bisa menyebabkan kematian jika tidak ditangani dengan serius.

Apa saja penyakit aneh dan langka yang ada di dunia? Berikut daftarnya!

1. Sindrom Progeria Hutchinson-Gilford

Progeria-Hutchinson-Gilford
Penyakit ini terbilang cukup aneh dan mematikan, di mana terjadi suatu kondisi penuaan yang lebih cepat. Umumnya, sindrom Progeria jenis ini terjadi pada usia dua tahun pertama sejak kelahiran.

Walaupun penyakit ini terdengar aneh, tetapi sebenarnya penyakit ini tidak menular, namun anak dengan sindrom Progeria Hutchinson-Gilford hanya memiliki kemungkinan hidup sampai 13 tahun saja, pada beberapa kasus bisa sampai 20 tahun.

Penyakit aneh ini terjadi akibat mutasi Gen yang mutasi gen tunggal yang tidak wajar, bukan dari faktor keturunan maupun dari penularan. Siapapun bisa terkena penyakit langka ini, walaupun rasionya hanya satu berbanding empat juta bayi yang lahir.

2. Epidermodysplasia Verruciformis

Xeroderma-Pigmentosum
Ini adalah penyakit gangguan pada kulit yang langka, di mana para penderitanya ditumbuhi kutil raksasa di seluruh tubuhnya. Sehingga, menyebabkan penderita terlihat seperti batang pohon.

Di dunia, penyakit ini justru lebih dikenal dengan sebutan “treeman syndrome”, dari pada Epidermodysplasia Verruciformis.

Penyakit aneh ini kerap dihubungkan dengan infeksi HPV tipe 5 dan 8. Namun sampai saat ini belum ditemukan obat penawarnya. Yang bisa dilakukan penderita hanyalah membuang kutil yang membesar, serta mengolesinya dengan salep Cidofovir yang bisa membunuh virus HPV.

Di Indonesia sendiri, penyakit ini sebenarnya cukup langka terjadi. Salah satu penderita yang terkenal dengan sebutan “manusia pohon” adalah Dede dari Jawa Barat.

3. Sindrom Vampir (Xeroderma Pigmentosum)

Epidermodysplasia-Verrucifo
Sekilas penyakit ini terdengar aneh, namun pada kenyataannya di dunia ini benar-benar ada orang yang berprilaku seperti Vampir. Yang dimaksud perilaku seperti vampir adalah selalu menghindari sinar matahari, karena sinar matahari bisa membakar kulit mereka dan menimbulkan penyakit yang cukup serius.

Manusia membutuhkan sinar matahari untuk mensintesis vitamin D, tetapi terlalu banyak terpapar sinar UV matahari dapat merusak kulit. Sekitar 1 berbanding 1 juta orang memiliki xeroderma pigmentosum yang sangat sensitif terhadap sinar UV.

Orang-orang dengan sindrom ini harus benar-benar terlindung dari sinar matahari, atau kulit mereka akan terbakar dan mengalami kerusakan kulit yang parah. Bahkan, kalau tidak hati-hati mereka dapat dengan mudah mengembangkan kanker kulit.

4. Sindrom Werewolf (Hypertrichosis)

Hypertrichosis
Jika sebelumnya ada sindrom vampir, maka penyakit aneh ini tak kalah uniknya, yaitu sindrom werewolf (serigala jadi-jadian) atau Hypertrichosis.

Sindrom Werewolf adalah penyakit yang menyebabkan penderitanya ditumbuhi rambut disekujur tubuh, bahkan bisa sampai menutupi mukanya. Itulah mengapa disebut “sindrom werewolf”, hanya saja tidak tidak ada taring maupun cakar!

Penyebabnya bisa terjadi karena faktor keturunan, obat-obatan maupun malnutrisi. Kejadian ini bisa menimpa saat penderita masih bayi, maupun berkembang seiring waktu.

Ada beberapa perawatan yang bisa dilakukan untuk penyembuhan jangka pendek, seperti mencukur dan waxing. Sedangkan untuk jangka panjang, bisa dilakukan elektrolisis dan operasi laser.

5. Sindrom Tangan Alien

sindrom-tangan-alien
Sindrom tangan alien atau Alien Hand Syndrome (Alien Hand Syndrome) adalah penyakit aneh yang menyerang tangan seseorang.

Kondisi ini bisa mengakibatkan salah satu tangan bergerak dengan sendirinya tanpa terkendali. Misalnya, penderita bisa tiba-tiba merobek-robek pakaiannya sendiri, menyentuh mukanya, bahkan sampai mencekik lehernya sendiri.

Walaupun tidak menyebabkan kondisi medis yang berbahaya, namun sindrom ini bisa mengancam jiwa, karena tangannya bisa melakukan sesuatu yang membahayakan dirinya sendiri tanpa disadari.

Belum jelas apa penyebab Sindrom Tangan Alien ini, namun diduga penyakit ini masih berhubungan dengan kondisi saraf. Sampai saat ini belum ada obat untuk penyakit langka ini.

6. Alergi Air (Aquagenic urticaria)

alergi-air
Mengapa alergi air dikatakan penyakit aneh, karena sebagai manusia kita tidak bisa hidup tanpa air, bahkan sebagain besar tubuh kita pun mengandung air. Jadi rasanya cukup aneh kalau ada seseorang yang alergi terhadap air.

Penderita alergi air, akan mengalami gatal-gatal maupun kemerahan pada kulit setelah kontak dengan air. Pada kasus yang terjadi, penderita bisa mengalami kesulitan bernapas, sulit menelan maupun terjadi ruam di sekitar mulut.

Alergi jenis ini tidak diketahui secara pasti penyebabnya, namun diduga air yang terkontaminasi kimialah yang menjadi biang keladinya. Tetapi pada beberapa kasus, penderita yang terpapar air murni pun tetap bisa terkena alergi!

Belum ada obat untuk alergi air, tetapi perawatan paling umum yang bisa dilakukan adalah dengan mengaplikasikan topikal capsaicin, yang digunakan untuk menghilangkan rasa sakit.

Well, itulah beberap penyakit aneh dan berbahaya yang pernah terjadi di dunia. Semoga bisa menambah wawasan Anda! (Ivan Runa)

Editor : Budi Sarmun

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here