Agutusan, Momentum Belajar Berdemokrasi

0
110
Momentum-Belajar-Berdemokrasi
HITUNGAN SUARA: Warga GDI, Desa Sabrang, Kecamatan Delanggu, Minggu (18/8) menyaksikan penghitungan suara pemilihan RT dan RW. (suaramerdekasolo.com/Achmad H)

* Pemilu Ketua RT dan RW GDI

KLATEN,suaramerdekasolo.com – Praktik berdemokrasi tidak hanya menjadi monopoli elit politik, tetapi warga Perum Griya Delanggu Indah (GDI), Desa Sabrang, Kecamatan Delanggu, Kabupaten Klaten, Minggu (18/8) membuktikan mampu berdemokrasi. Buktinya, pemilihan ketua RW dan tiga ketua RT dilaksanakan di tengah puncak Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-74.

” Pemilihan ini sudah yang kali kedua kami laksanakan,” ungkap Ketua RW X Perum GDI, Abdul Rajak, Minggu (18/8) di sela pemungutan suara. Pemungutan suara yang diikuti seluruh warga berlangsung sejak pukul 09.00 WIB.

Sebelumnya warga mengikuti acara jalan sehat dan penggung gembira dalam rangka HUT RI ke 74. Di sela acara istirahat dan pembagian door prize warga menerima surat suara. Surat suara yang diberi nama ketua pilihan dimasukan kota suara dan dihitung di hadapan semua warga. Pemilihan berlangsung antusias sebab warga yang usianya 17 tahun menggunakan hak pilihnya layaknya di Pemilu.

Pemilihan berjalan langsung, umum, bebas dan rahasia sebab semua warga yang memenuhi syarat berhak dipilih dan memilih secara langsung. Ketua RW baru yang terpilih, Sarwi Awis dengan total suara 78, ketua RT 1 terpilih, Ngatiman dengan suara 17, ketua RT 2 terpilih Bambang Setiyanto dengan suara 29 dan ketua RT 3 terpilih Marwanto dengan perolehan suara 37.

Warga usai penghitungan suara langsung mengarak ketua RW dan RT terpilih dengan sorak-sorai.
Abdul Rajak mengatakan lima tahun lalu, warganya sudah mempraktikan demokrasi saat pemilihan RT. Namun saat itu belum ada pemekaran menjadi RW sehingga yang dipilih langsung hanya ketua RT.

Kepala Dusun 3 Desa Sabrang, Kecamatan Delanggu, Purbo yang hadir mewakili pemerintah desa mengatakan pemerintah desa mengapresiasi kegiatan pemilihan ketua RT dan RW tersebut. (Achmad H)

Editor : Budi Sarmun 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here