Downmall Hartono Mall Sobar, Ajang Kebut Ratusan Pembalap

0
22
downmall-hartono-mall2

SUKOHARJO,suaramerdekasolo.com – Jika biasanya menunjukan aksi balapnya di alam terbuka, seperti gunung dan hutan. Kali ini ratusan pembalap menunjukan aksinya di dalam mall dalam ajang 76 IDH Urban Downmall di Hartono Mall Solobaru, Sukoharjo, Jateng Sabtu-Minggu (17/8-18/8).

Para pembalap memperlihatkan aksinya pada pengunjung dengan menyusuri bagian rooftop Hartono Mall sampai lantai satu. Tiap lantainya dibuat rintangan dengan papan big jump, pembalap akan memasuki kawasan perbelanjaan.

“Total ada 140 pembalap dari berbagai daerah yang ikut dalam aksi downmall ini. Satu pembalap dari Inggris mengikuti aksi ini, ini merupakan bagian kegiatan dari Indonesia Downhill,” ujar Humas Indonesia Downhill (IDH), Imam Senewe, kemarin.

Untuk panjang track itu sekitar 670 meter dari rooftop sampai lantai satu, jadi hampir seluruh bagian mall dipakai buat aksi pembalas berbeda sebelumnya hanya sebagian saja. Ada 10 kelas yang diperlombakan dan itu berdasarkan usia serta prestasi. Bahkan ada kelas youth usia 15-17 tahun, kelas yunior usia 17-19 tahun dan man open usia 19-30 tahun.

“Jadi ada dari berbagai usia itu ada kelasnya dan mereka menunjukan skill yang luar biasa. Peserta sangat antusias sekali dengan digelarnya downmall,” imbuh dia.

Aksi balap sepeda ini sengaja digelar di mall tidak alam terbuka baik gunung atau hutan. Ini untuk refresing para pembalap, karena jika di gunung atau hutan kompetisinya terlalu ketat dan ekstrem. Berbeda jika di mall, ada suasana tersendiri dengan medan mulai tangga darurat, maupun eskalator dari rooftop sampai lantai satu.

“Ini supaya para pembalap agak santai dan penyegaran biar tidak terlalu ekstrem. Berharap masyarakat yang hadir bisa menikmati dan menyaksikan aksi-aksi pembalap, mudah-mudahan semakin banyak orang yang jatuh cinta pada balap sepeda khususnya mountain bike,” paparnya.

downmall-hartono-mall1

Gelaran downmall ini sempat vakum selama dua tahun dan baru digelar lagi tahun 2019. Ini merupakan gelaran yang ke empat dan setiap penyelenggaran acara selalu sukses. “Sekarang hanya mengadakan satu seri downmall, berikutnya akan digelar lagi pada urban di Batu, Malang,” ungkap dia.

Menurutnya, olahraga downhill di Indonesia cukup baik. Terbukti di ajang Asian Games kemarin mampu meraih dua medali emas. Animo cukup bagus, sehingga banyak atlet-atlet balap seperti yang berhasil di ciptakan.

“Berbagai event juga sering digelar, setiap tahun itu ada lima seri dan itu salah satu untuk mencetak pembalap nasional. Itu digelar diberbagai kota di Jawa Timur dan Jawa Tengah,” tandas dia. (Ari Welianto)

Editor : Heru Susilo

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here