Menristekdikti : Perguruan Tinggi Harus Mampu Cetak SDM Unggul

0
31
pt-terbaik-versi-dikti
FOTO ILUSTRASI/khsblog.net
SOLO,suaramerdekasolo.com- Perguruan Tinggi (PT) diharapkan dapat menjadi garda terdepan dalam upaya mencetak SDM yang unggul dan kompetitif di masa datang.
Hal itu dikemukakan Rektor UNS, Prof Jamal Wiwoho saat membacakan sambutan dari Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) RI, Prof Mohamad Nasir yang berjudul SDM Unggul, Indonesia Maju dalam upacara bendera di Halaman Gedung Dr Prakoso UNS.
 
Rektor melanjutkan, hal inilah yang terus diupayakan oleh UNS untuk terus melakukan perbaikan dan berprestasi. Salah satunya dibuktikan dengan masuknya UNS ke Klaster 1 dalam pemeringkatan PT di Indonesia versi Kemenristekdikti.
 
“UNS baru saja diundang oleh Bapak Mohamad Nasir, Menristekdikti, berkaitan dengan masuknya UNS ke Klaster 1 PT terbaik di Indonesia versi Kemenristekdikti di antara 4.000-an PT. UNS sebagai kampus kebanggaan kita ini menempati peringkat ke-12 di Indonesia,” jelas Prof Jamal.
 
Menteri dalam sambutan yang dibacakan Rektor mengemukakan jika pembangunan sumber daya manusia (SDM) adalah kunci keberhasilan dan kesuksesan untuk Indonesia di masa depan. SDM Indonesia harus unggul di segala bidang sehingga dapat bersaing secara global, terlebih ketika memasuki era Revolusi Industri 4.0. 
 
Akreditasi Nasional
 
Ditegaskan, kemajuan industri yang berjalan tidak cukup dengan infrastruktur, tetapi harus didukung dengan peningkatan kualitas SDM yang dapat ditempuh dengan perbaikan pendidikan.
 
Adapun Prof Jamal mengemukakan jika capaian membanggakan lainnya bagi UNS adalah, empat Program Studi (Prodi) di UNS berhasil memperoleh akreditasi internasional _ASEAN University Network-Qualitry Assurance_ (AUN QA). Ini menambah jumlah Prodi terakreditasi internasional di UNS menjadi sepuluh.
 
Empat Prodi tersebut adalah S1 Ilmu Hukum, S1 Ekonomi Pembangunan, S1 Agribisnis dan S1 Pendidikan Luar Biasa.  Kemudian, 86 Prodi di UNS juga berhasil memperoleh akreditasi A di tingkat nasional dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).(Evie Kusnindya)
 
Editor : Budi Sarmun
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here