238 Atlet Difabel Jateng Bertarung di Cilacap

0
28
atlet-difabel-jateng
KLASIFIKASI: Petugas panitia Suwarno melakukan pengecekan klasifikasi salah seorang peserta Kejurprov National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Jateng di Cilacap, Senin (19/8). (suaramerdekasolo.com/Setyo Wiyono)

 

*Kejurprov Renang, Tenis Meja dan Bulu Tangkis

CILACAP,suaramerdekasolo.com – Dua ratus tiga puluh delapan atlet difabel Jateng bertarung di Cilacap, Senin-Kamis (19-22/8). Mereka bersaing dalam tiga cabang olahraga, renang, tenis meja dan bulu tangkis pada Kejurprov National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Jateng tersebut.

‘’Peserta paling banyak di cabang bulu tangkis yakni 89 atlet, dibuntuti tenis meja 78 orang dan renang 71 orang,’’ kata Ketua Umum Pengprov NPCI Jateng Osrita Muslim, Senin (19/8).

Kejurprov yang didukung Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jateng dan Pemkab Cilacap tersebut dimaksudkan menjadi ajang pemacu munculnya bibit-bibit atlet potensial.

Karena itu, plot persaingannya hanya diperuntukkan bagi atlet-atlet pemula, maksimal mereka yang tercatat dalam pembinaan Program Jangka Panjang (PJP) Jateng. Para atlet yang sama sekali belum pernah mengikuti kompetisi resmi di lingkup NPCI, diwajibkan menjalani pengecekan klasifikasi kecacatan yang disiapkan panitia.

‘’Atlet pelatnas NPCI proyeksi ASEAN Para Games (APG) Filipina 2019, tidak diperkenankan mengikuti kejurprov ini,’’ jelas Osrita.

82 Medali Emas

Sekretaris NPCI Jateng Priyano menambahkan, event tersebut merupakan kejurprov NPCI Jateng tahap kedua 2019. Ajang tahap pertama digelar Juli lalu di Solo dengan cabang olahraga atletik, ten pin bowling dan angkat berat.

Total terdapat 82 medali emas yang disiapkan untuk kejurprov di Cilacap. Rinciannya, 30 medali emas pada tenis meja dan 20 emas untuk bulu tangkis yang digelar di GOR kawasan. Sementara 32 medali emas lainnya diperebutkan di kolam renang Tirta Mas, kawasan Sidanegara.

‘’Jumlah merupakan kalkulasi awal, karena usai temu teknik ada beberapa nomor yang urung dilombakan akibat pesertanya kurang dari batas minimal,’’ jelas Priyano.

Kejurprov yang diikuti 31 NPCI kota/kabupaten di Jateng tersebut dibuka Rabu (19/8) malam. Turut hadir antara lain Kepala Disporapar Cilacap Heru Harjanto, serta Kasi Olahraga Pendidikan dan Olahraga Prestasi Disporapar Jateng, Kuncoro Dwi Wibowo.(Setyo Wiyono)

Editor : Budi Sarmun

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here