Macan Tutul dan Macan Kumbang Masih Ada di Candi Muncar

0
224
Macan-tutul-jawa
FOTO/https://www.mongabay.co.id
*Warga Mengaku Melihat Macan Kumbang Dan Macan Tutul
 
WONOGIRI,suaramerdekasolo.com – Hutan lindung di sekitar kawasan Hutan Muncar, Desa Bubakan, Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri menjadi rumah bagi satwa liar. Bahkan, beberapa warga pernah melihat macan kumbang dan macan tutul di hutan tersebut. Pemerintah desa setempat berupaya memberi perlindungan dengan menerbitkan Perturan Desa (Perdes) yang melarang perburuan satwa.
 
Kepala Desa Bubakan Maryanto mengungkapkan, satwa liar masih lengkap di hutan. “Masih banyak satwa di hutan. Seperti monyet (kera ekor panjang), lutung, babi hutan, dan berbagai jenis burung,” katanya, Senin (19/8).
 
Adapun macan kumbang dan macan tutul terkadang masih terlihat di dalam hutan. Namun, satwa-satwa tersebut tidak sampai masuk ke permukiman warga. Hanya babi hutan yang sesekali turun ke sawah atau tegalan. “Hewan-hewan liar itu cuma ada di dalam hutan. Tidak pernah ke permukiman,” imbuhnya.
 
Pihaknya berupaya melindungi satwa liar dengan menerbitkan Perdes tahun 2019 ini. Pasalnya, satwa-satwa tersebut perlu dilestarikan dan bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi obyek wisata Waduk Candi Muncar.
 
Editor : Budi Sarmun
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here