Pimpinan Sementara DPRD Klaten Jatah PDIP dan Golkar

0
39
gedung-dprd-klaten3
GEDUNG DPRD: Gedung DPRD Klaten tampak dari depan mulai disterilkan menjelang Pelantikan DPRD periode 2019-2024. (suaramerdekasolo.com/Achma H)

KLATEN,suaramerdekasolo.com – Pimpinan sementara dalam rapat paripurna pelantikan DPRD Kabupaten Klaten periode 2019-2024 dipegang PDIP dan Golkar. Kedua partai berhak menduduki pimpinan sementara sebab mendapatkan kursi terbanyak.

Kepala Bagian Persidangan Sekretariat DPRD Kabupaten Klaten, Joko Triyanto menjelaskan jatah dua partai itu menduduki pimpinan sementara diatur dalam pasal 165 ayat 1 dan 2 Undang-Undang nomor 23/ 2014 tentang Pemerintahan Daerah. ” Dalam hal pimpinan DPRD Kabupaten/kota belum terbentuk, DPRD dipimpin oleh pimpinan sementara,” katanya, Senin (19/8).

Menurut Joko, pimpinan sementara itu jumlahnya hanya dua orang. Satu orang sebagai ketua dan satu lainnya sebagai wakil ketua. Dua pimpinan sementara itu berasal dari dua partai politik yang mendapatkan suara hasil Pemilu terbanyak di DPRD.

Dalam Pemilu 2019, PDIP dan Golkar merupakan partai yang mendapat perolehan kursi terbanyak. PDIP meraih 19 kursi di DPRD dan Golkar mendapatkan tujuh kursi di DPRD Klaten. Dengan demikian kedua partai politik itulah yang berhak menduduki pimpinan sementara saat pelantikan. Untuk keperluan itulah sekretariat sudah mengirimkan surat ke DPC PDIP dan DPD Partai Golkar yang isinya meminta nama yang diusulkan menjadi pimpinan.

Surat telah dikirimkan sejak sehari yang lalu dan dibatasi sampai tanggal 20 Agustus 2019 diharapkan sudah ada nama yang masuk. (Achmad H)

Editor : Budi Sarmun

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here