Keren, Kini Boyolali Miliki Terminal Baru : Dishub Mulai Ujicoba Terminal Penggung

1
648
uji-coba-terminal-penggung
PETUGAS: Petugas mengarahkan bus yang masuk Terminal Penggung Boyolali saat ujicoba, Selasa (20/8)

BOYOLALI,suaramerdekasolo.com – Dishub Boyolali bersama Dishub Jateng melakukan ujicoba pengoperasian Terminal Bus Penggung, Boyolali, Selasa (20/8). Terminal tersebut sebagai pengganti Terminal Bus Sunggingan.

Sejumlah petugas pun diterjunkan untuk memandu bus yang melintas di jalan raya Solo- Semarang agar masuk Terminal Penggung. Bus dari kedua arah baik Semarang dan Solo serta angkutan kota (angkuta) diminta masuk terminal.

Menurut Kepala Dishub Boyolali, Untung Raharjo, ujicoba dimaksudkan untuk mengetahui kesiapan petugas untuk melayani bus yang masuk terminal. Selanjutnya, hasil ujicoba dianalisa guna mengetahui kekurangan yang ada di lapangan.

“Kekurangan lalu dibenahi agar pelaksanaannya bisa lancar nantinya,” katanya.

Diungkapkan, terminal bus kini sudah dikelola Dishub Provinsi Jateng. Sehingga, Terminal Bus Penggung pun juga dibawah pengelolaan Pemprov Jateng. Namun demikian, Terminal Penggung ini merupakan aset Pemkab Boyolali.

“Sehingga nanti bakal ada saling hibah antara Pemkab Boyolali dan Pemprov Jateng. Pemkab menghibahkan tanah dan bangunan Terminal Penggung, sebaliknya Pemprov menghibahkan tanah dan bangunan Terminal Sunggingan.”

Kawasan Transportasi

Ditambahkan, pengalihan terminal bus ke Penggung karena keberadaan Terminal Bus Sunggingan tidak sesuai dengan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Boyolali. Dimana, kawasan Sunggingan bukan kawasan transportasi.

“Sunggingan adalah kawasan perdagangan dan jasa, sedangkan kawasan transportasi di wilayah Penggung.”

Pihaknya juga menggagas pengalihan jalur bus melalui kawasan Winong. “Dari sana lalu bus bisa langsung masuk Terminal Penggung. Namun itu baru rencana dan perlu dimatangkan lebih lanjut.”

Senada, Kabid Jaringan Transportasi Darat (Jatransda) Dishub  Jateng, Agung Pramono menambahkan, hasil ujicoba secepatnya dianalisa guna kelancaran pelayanan bus yang masuk Terminal Bus Penggung. (Joko Murdowo)

Editor : Budi Sarmun

 

1 KOMENTAR

  1. Terminal ini dng bangunan lama tapi baru beroperasi atau bangunan baru ya ,
    kenapa cat pada towernya sudah mulai luntur?
    Tolong pengawasan diperketat, trims

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here