10 Kebiasaan Sehari-hari yang Berdampak Buruk bagi Kesehatan

0
kebiasaan-yang-buruk-bagi-kesehatan
FOTO ILUSTRASI

KEBIASAAN sehari-hari yang berdampak buruk bagi kesehatan – Setiap hari kita melakukan kegiatan tertentu yang kita sadari maupun tidak, dampaknya bisa membahayakan tubuh. Kegiatan sehari-hari ini dapat menimbulkan risiko kesehatan, yang dalam jangka panjang bisa menimbulkan penyakit serius.

Lalu apa saja kegiatan sehari-hari yang bisa membahayakan tubuh dan perlu dihindari? Berikut daftarnya!

1. Duduk sepanjang hari

Duduk sepanjang hari ternyata tidak baik untuk kesehatan, hal ini umumnya dialami oleh pekerja kantoran yang sepanjang hari bekerja duduk di depan komputer.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa duduk dalam waktu lama bisa memicu penyakit jantung dan diabetes.

Studi lain menemukan bahwa duduk selama berjam-jam meningkatkan risiko gangguan muskuloskeletal, terutama nyeri punggung bagian bawah.

Solusinya, jangan terlalu lama duduk dengan posisi yang sama, setiap beberapa menit Anda bisa berdiri, keluar mencari udara segar, atau sekedar melakukan perenggangan.

2. Kurang atau kebanyakan tidur

Sibuknya aktivitas terkadang membuat kita kehilangan jam tidur yang penting bagi tubuh. Padahal, mengistirahatkan tubuh itu sangat penting bagi proses pemulihan tubuh secara keseluruhan.

Kurangnya jam tidur dapat meningkatkan risiko penyakit jantung sebesar 48 persen. Begitupun jika terlalu banyak tidur, itu juga tidak baik bagi kesehatan jantung.

So, mulai sekarang, atur waktu istirahat Anda dengan baik untuk menghindari hal yang buruk terjadi di masa datang.

3. Sering begadang

Kalau Anda punya kebiasaan seperti burung hantu yang aktif di malam hari, bersiaplah menghadapi risiko kesehatan yang berbahaya.

Sering begadang dapat mengganggu ritme sirkadian Anda, yang memengaruhi siklus tidur, kebiasaan makan, suhu tubuh, dan fungsi tubuh penting lainnya.

4. Makan terlalu malam

Makan di malam hari akan menambah berat badan, menurut sebuah studi 2011 yang diterbitkan dalam jurnal Obesity. Temuan penelitian tersebut menyimpulkan bahwa asupan kalori setelah jam 8 malam dapat meningkatkan risiko obesitas.

Sedangkan, obesitas sendiri tidak baik untuk kesehatan, karena banyak penyakit yang akan muncul karenanya.

Jadi, ubah kebiasaan Anda untuk makan terlalu malam, usahakan makan di bawah jam 8!

5. Tidur dengan lensa kontak

Kalau Anda terbiasa tidur tanpa melepas lensa mata, itu akan membahayakan kesehatan mata Anda.

Menurut National Sleep Foundation, tidur tanpa melepas lensa kontak dapat menyebabkan borok mata dan infeksi mata serius lainnya.

6. Tidak mencuci seprai dan sarung bantal

Hal yang satu ini sebenarnya sepele, namun jika kita membiarkannya dapat menimbulkan masalah serius.

Tidak mencuci seprai atau sarung bantal dapat berbahaya bagi kesehatan Anda, karena sel-sel kulit mati, keringat, minyak, dan kotoran dari tubuh Anda meresap ke dalam seprai dan sarung bantal.

Hal ini yang kemudian dapat meningkatkan kemungkinan timbulnya bakteri, jamur, debu, dan kotoran.

Jadi, mencuci seprei, sarung bantal dan selimut Anda setidaknya seminggu atau dua minggu sekali adalah tindakan yang disarankan.

7. Terlalu banyak menggunakan media sosial

Bagi orang-orang di zaman sekarang, keberadaan media sosial memang sudah tidak bisa dihindari. Selain bisa menyambung tali silaturahmi, media sosial juga bisa menjadi sarana informasi dan tempat untuk mencari nafkah.

Namun, jika Anda menggunakannya secara berlebihan, ternyata itu juga akan berdampak buruk bagi kesehatan mental.

Menurut sebuah penelitian, posting, berbagi dan like di media sosial terkait dengan kemungkinan lebih tinggi merasa terisolasi secara sosial. Itu karena media sosial dapat memberi kesan bahwa orang lain jauh lebih bahagia daripada kita.

8. Menaruh tas atau dompet di meja makan

Meletakkan tas tangan atau dompet Anda di meja makan dapat memungkinkan penyebaran kuman ke makanan lain di dapur.

Menurut sebuah penelitian, tas tangan mengandung bakteri dua kali lipat lebih banyak daripada kursi toilet.

Jadi, hindari kebiasaan buruk meletakkan tas atau dompet di meja makan, di mana bakteri bisa menyebar ke makanan lain.

9. Sering marah

Jika Anda adalah seseorang yang suka marah-marah hanya karena kesalahan sepele, maka hentikanlah kebiasaan buruk tersebut kalau tak ingin berakhir fatal.

Menurut sebuah studi penelitian yang dilakukan oleh University of Sydney, ledakan kemarahan yang sering terjadi dapat meningkatkan risiko serangan jantung.

Para peneliti menyimpulkan bahwa risiko serangan jantung bertambah 8,5 kali lebih tinggi dalam dua jam setelah luapan emosi yang hebat.

10. Kerja di lingkungan yang beracun

Kalau ini sih sudah jelas sangat berbahaya, namun apa Anda menyadari bahayanya?

Jika lingkungan kerja Anda beracun, maka itu akan membahayakan kesehatan Anda.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Management, menemukan bahwa kesehatan dan kesejahteraan di tempat kerja adalah penting untuk meningkatkan kesehatan mental.

Lingkungan kerja yang beracun dapat meningkatkan risiko stres dan depresi serta masalah kesehatan lainnya.

Itulah beberapa kebiasaan sehari-hari yang dapat mengakibatkan gangguan kesehatan fisik dan mental dalam jangka panjang. Semoga bermanfaat!

 

Tinggalkan Pesan