9 Manfaat Sayur Kangkung untuk Kesehatan Serta Efek Sampingnya

0
73
manfaat-sayur-kangkung
FOTO ILUSTRASI

MANFAAT Sayur Kangkung untuk Kesehatan Serta Efek Sampingnya – Sayur kangkung adalah sayuran yang populer di Indonesia. Banyak sekali resep-resep nusantara yang menggunakan sayur hijau ini sebagai bahan utamanya.

Selain karena rasanya yang enak dan teksturnya yang renyah, ternyata kangkung memiliki segudang khasiat yang berguna untuk tubuh.

Itu karena banyak sekali nutrisi bermanfaat yang terkandung dalam kangkung. Seperti vitamin A, vitamin D, vitamin C, vitamin B12, vitamin B6, zat besi, kalsium, magnesium dan beberapa nutrisi penting lainnya.

Manfaat Sayur Kangkung untuk Kesehatan

Lalu apa saja manfaat sayur kangkung untuk kesehatan? Berikut daftarnya!

1. Baik untuk Kesehatan Hati

Jika ingin memiliki fungsi hati tetap optimal sampai tua, jangan lupa untuk menyertakan sayur kangkung dalam menu harian Anda.
Kangkung baik untuk kesehatan hati, hal ini telah diteliti dalam jurnal Molecules. Kangkung mampu melindungi hati agar tetap berfungsi optimal dari berbagai kerusakan.

Menurut beberapa ahli, kandungan alami yang terdapat pada sayur hijau ini dapat memproduksi enzim yang membantu menjaga organ hati agar tetap bersih dari racun.

2. Mencegah Dehidrasi

Di dalam sayur kangkung, terdapat bermacam mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh, tentunya hal tersebut dapat membuat tubuh tetap terhidrasi dengan baik, sehingga bermanfaat untuk mencegah dehidrasi.
Kandungan mineral penting dalam kangkung seperti natrium dan kalium, dipercaya mampu menjaga elektrolit serta keseimbangan cairan dalam tubuh.

3. Menurunkan Kolesterol

Kelebihan kolesterol jahat pada tubuh bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan serius, seperti penyakit jantung, stroke maupun hipertensi.
Untuk mencegahnya, ada baiknya untuk rutin mengonsumsi sayur kangkung. Kangkung dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol secara alami.

Hal itu dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan pada tikus, hasilnya, tikus-tikus yang mengonsumsi kangkung mengalami penurunan kolesterol dan Triglycoside.
Selain itu, sayur hijau ini juga cocok sekali untuk mereka yang sedang dalam program penurunan berat badan.

4. Baik untuk Penceranaan

Seperti sayuran hijau lainnya, kangkung juga mengandung banyak serat, sehingga baik untuk kesehatan pencernaan.
Di samping itu, kangkung juga dapat membantu mengatasi gangguan yang berkaitan dengan sistem pencernaan seperti sembelit.
Kandungan lateks serta sifat pencahar alami pada kangkung, diyakini mampu untuk mengatasi infeksi cacing dalam usus.

5. Mencegah Anemia

Anemia atau kekurangan sel darah merah dalam tubuh bisa dialami siapa saja, untuk mengatasinya, bisa dengan rutin mengonsumsi sayur kangkung.

Kandungan mineral dalam kangkung seperti zat besi dan fosfor, dapat membantu mengatasi anemia. Itu dikarenakan kedua zat tersebut berperan dalam menyuplai oksigen serta nutrisi penting bagi sel dan organ-organ tubuh lain.

6. Menjaga Mata Agar Tetap Sehat

Manfaat sayur kangkung selanjutnya berhubungan dengan kesehatan mata. Kangkung mengandung vitamin A yang cukup tinggi, sehingga berperan baik dalam menjaga kesehatan mata.

Vitamin A merupakan nutrisi penting untuk mata, karena mampu melindungi kornea dengan cara memberi lapisan pelindung agar terhindar dari bakteri maupun virus. Selain dari kangkung, Anda juga bisa menjaga kesehatan mata dengan mengonsumsi wortel.

7. Mencegah Berbagai Penyakit

Vitamin C diketahui dapat menjaga daya tahan tubuh seseorang agar tidak mudah sakit. Sayur kangkung mengandung vitamin C yang cukup tinggi, karena hanya dengan mengonsumsi kangkung empat sampai lima sendok besar saja, mampu membuat tubuh tetap optimal.

Dengan meningkatnya ketahanan tubuh dan tercukupinya vitamin C harian, tentu hal itu berdampak positif bagi tubuh, seperti terhindar dari flu, batuk ringan, demam, bahkan sampai penyakit kanker. Itu karena vitamin C juga bersifat antioksidan.

Selain itu, penyakit ringan seperti sariawan juga dapat teratasi dengan manfaat sayur kangkung ini. Lagi-lagi karena peran vitamin C yang membuat imun tubuh meningkat.

8. Mencegah Diabetes pada Ibu Hamil

Mengonsumsi kangkung juga baik untuk kesehatan Ibu hamil, termasuk sebagai langkah pencegahan diabetes.
Pada tahun 2013 silam, penelitian yang tertuang dalam Journal of Diabetes menyimpulkan bahwa sayur kangkung mampu berperan sebagai antioksidan.
Fungsi antioksidan tersebut bisa menangkal oksidasi yang menyebabkan diabetes pada Ibu hamil dan janinnya.

9. Baik untuk Kesehatan Otak

Manfaat sayur kangkung yang terakhir adalah baik untuk kesehatan otak. Jika ingin otak tetap berfungsi optimal, jangan lupa sertakan kangkung dalam diet Anda.

Kangkung mengandung vitamin B kompleks serta Omega-3 yang terbukti bagus untuk kesehatan otak.
Kombinasi dua nutrisi penting tersebut, dipercaya akan meningkatkan fungsi serta kesehatan otak, sehingga Anda akan terhindar dari penyakit yang berhubungan dengan kerusakan otak.
Jika diberikan pada anak-anak, itu juga baik untuk perkembangan otak dan kecerdasannya.

Efek Samping Sayur Kangkung

Selain beberapa manfaat sayur kangkung untuk kesehatan di atas, ternyata ada juga efek samping yang akan ditimbulkan dari sayur hijau ini.

Asam Urat

Kangkung mengandung zat purin yang bisa membuat asam urat kambuh, mengalami pembengkakan dan nyeri pada sendi.
Sehingga, mengonsumsi sayur ini tidak disarankan untuk penderita asam urat. Sebaiknya konsultasikan lebih lanjut pada dokter Anda.

Efek Alergi

Pada sebagian orang, mengonsumsi kangkung bisa menyebabkan alergi, seperti gatal-gatal, kulit memerah ataupun pusing setelah mengonsumsi sayur ini.
Umumnya, penyebab alergi tersebut adalah kandungan magnesium yang terdapat pada kangkung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here