Boyolali Target Pecahkan Rekor Pembacaan Pancasila

0
43
pembacaan-teks-pancasila-boyolali
FOTO ILUSTRASI

BOYOLALI,suaramerdekasolo.com – Sebanyak 25.000 warga dijadwalkan bakal membaca teks Pacasila secara serentak di Alun- alun Kidul Boyolali, Minggu (25/8). Kegiatan tersebut sekaligus untuk memecahkan rekor MURI.

“Ini juga rangkaian kegiatan HUT ke-74 Kemerdekaan Indonesia,” ujar ketua panitia, Agus Santoso.

Dijelaskan, pembacaan teks Pancasila berawal dari keprihatinan terhadap sebagian siswa yang tidak mengerti Pancasila. Bahkan, mengucapkan pun tidak mau. Ideologi bangsa Indonesia itu pun tak diamalkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Untuk itulah, kami mengagendakan kegiatan ini sebagai upaya mengatasi benih radikalisme.”

Pihaknya juga mengajak semua pihak mengawasi dan memberikan arahan kepada anak jangan sampai terpapar paham radikalisme. Sebab jika dibiarkan, maka radikalisme ini akan berkembang menjadi separatism yang merongrong NKRI. 

“Mari kita tangkal dan cegah bersama dengan menghayati dan melaksanakan Pancasila dan UUD 1945, juga dukung pembangunan Boyolali untuk lebih maju.”
Ditambahkan, pihaknya juga bakal melibatkan 14 pelajar asal Papua yang mengikuti program pertukaran pelajar di Boyolali. Tujuannya, membuktikan bahwa Boyolali aman dan nyaman untuk ditinggali seluruh bangsa Indonesia tanpa membedakan suku, aga dan ras.

Untuk mendukung kegiatan tersebut, pihaknya juga sudah menyebarkan puluahn ribu kupon ke sekolah, kantor- kantor, masyarakat dan sejumlah organisasi. Bahkan, permintaan kupon masih terus masuk ke panitia.

“Mudah- mudahan acara sukses dengan dukungan masyarakat Boyolali. Sekaligus, Pancasila semakin diresapi seluruh masyarakat Indonesia.”

Kampanye Kesehatan

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Boyolali, Ratri S Lina menambahkan, kegiatan ini juga diisi kampanye kesehatan dengan melakukan senam bersama. Juga mengkampanyekan pola hidup sehat  di masyarakat.

“Ini sesuai tema HUT Kemerdekaan RI ke 74, SDM Unggul Indonesia Maju. Modal dasarnya yakni kesehatan.”
Panitia juga menyediakan doorprize berupa sejumlah sepeda motor dan puluhan sepeda gunung. Dipilihnya sepeda gunung dimaksudkan untuk mendorong masyarakat gemar olahraga. Selain senam, juga rajin bersepeda.

“Termasuk menggunakan sepeda untuk ke tempat kerja agar badan sehat.” (Joko Murdowo)

Editor : Budi Sarmun

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here