Pemuda Punya Peran Penting Pertahankan Persatuan

0
20
Bertempat di Northwood Cafe, Jalan Gegerkalong Hilir 179, Sarijadi, Sukasari, Bandung, pada Rabu (24/8), para mahasiswa berkumpul, berdiskusi membahas kemerdekaan. (suaramerdekasolo.com/dokumentasi)

SOLO, suaramerdekasolo.com- Ada kegiatan menarik yang diprakarsai Resimen Mahasiswa Mahawarman Batalyon XI/UPI. Bertempat di Northwood Cafe, Jalan Gegerkalong Hilir 179, Sarijadi, Sukasari, Bandung, pada Rabu (24/8), para mahasiswa berkumpul, berdiskusi membahas kemerdekaan bertajuk ”Pemuda Indonesia Benteng Persatuan Negara”.

Kegiatan yang dimulai jam 16.00 hingga 20.00 tersebut, diikuti ratusan peserta dari berbagai mahasiswa di sekitar kota Bandung.

Pelaksanaan acara diawali dengan pre test yang berkaitan dengan pemuda dan persatuan untuk melihat sampai sejauh mana pemahaman mereka terhadap tema diskusi. Nah setelah itu, kemudian ditayangkan beberapa video sebagai pemantik pembicaraan dalam kegiatan diskusi. Salah satunya video yang ditayangkan tentang Veteran yang menceritakan perjuangannya dahulu saat aktif sebagai pejuang kemerdekaan di masa muda. Selain penayangan video, ada beberapa isu yang saat ini menjadi topik seru untuk didiskusikan.

Para peserta terlihat antusias dalam menanggapi video yang ditayangkan, salah satunya yakni Reza Adriantika Suntara. Mahasiswa yang saat ini menjalani studi Pasca Sarjana di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) itu mengatakan bahwa para pemuda harus mampu menyelesaikan permasalan di negara ini dengan bijak dan menjunjung tinggi kebhinekaan yang menjadi ciri khas Indonesia. ”Para pemuda dahulu berkumpul dalam rangka sumpah pemuda dengan tidak memandang suku, budaya, bahasa, ataupum agama. Mereka berkumpul demi tercipta persatuan di Indonesia,” jelasnya.

Sejurus dengan pemikiran tersebut, mahasiswa lainnya yakni Ghani mengatakan pemuda harus mempunyai banyak perspektif dalam menghadapi permasalahan yang mengancam persatuan di Indonesia. ”Kuncinya pemuda harus memiliki banyak perspektif dalam menyikapi permasalahan dengan tetap menjunjung ideologi Pancasila,” terangnya.


Para peserta merasa kegiatan tersebut sangat bermanfaat dalam menambah wawasan, terutama atas peran pemuda yang harus siap menjadi benteng dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Raden Ahmad Hilmi Khoiri yang merupakan Komandan Resimen Mahasiswa Mahawarman Batalyon XI/UPI mengatakan bahwa acara tersebut sangat bermanfaat dalam membina pemuda agar aktif dalam menjaga persatuan bangsa.
”Saya berharap kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan agar mampu menambah wawasan mengenai peran pemuda dalam menjaga keutuhan bangsa,” terangnya.

Dia menambahkan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. Peran pemuda sangat dibutuhkan untuk menjadi pemimpin masa depan bangsa dengan meningkatkan literasi agar memperoleh perspektif dari berbagai sisi untuk menghadapi berbagai persoalan yang mengancam keutuhan bangsa. (Sri Hartanto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here