Kali Pertama Di UNS, Prof Wimboh Santoso Dikukuhkan Guru Besar Luar Biasa

SOLO,suaramerdekasolo.com -Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimboh Santoso akan dikukuhkan menjadi Guru Besar bidang Ilmu Manajemen Risiko Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) pada Senin (26/8) mendatang. 
 
Pengukuhan tersebut merupakan kali pertama bagi UNS untuk mengukuhkan guru besar tidak tetap dengan status Wimboh sebagai dosen tamu dalam bidang ilmu manajemen risiko.
Rektor UNS, Jamal Wiwoho menjelaskan bahwa profesor atau guru besar bisa dilakukan dengan dua jalur. Jalur jenjang terstruktur bagi dosen tetap dan jalur kemampuan bagi dosen tidak tetap.
 
“Jenjang terstruktur yaitu jabatan fungsional dosen, mulai dari asisten ahli, lektor, lektor kepala, sampai guru besar. Sedangkan mereka yang mempunyai kemampuan dan karya juga bisa mengajukan guru besar tidak tetap,” papar Prof Jamal.
 
Sementara itu, Prof Wimboh Santoso mengucapkan syukur pada Allah SWT karena jabatan Guru Besar tidak mungkin diraihnya hanya atas usaha diri tanpa uluran tangan pihak lain. 
 
Ia sempat bercerita jika sebagai mahasiswa UNS angkatan pertama dan sudah diterima sebagai dosen kendati belum diangkat menjadi PNS. Kemudian dia direkrut menjadi pegawai Bank Indonesia sehingga profesi dosen yang sudah dijalaninya ia tinggalkan. 
 
Ia berterimakasih pada UNS yang telah membawanya pada karir dan pendidikan S2 maupun master yang ia selesaikan di luar negeri. 
 
Ketika menggeluti dunia perbankan,  Wimboh kemudian ditawari untuk mengajar sebagai dosen tidak tetap di beberapa perguruan tinggi. Kendato demikian, ia mengaku tak pernah bercita cita menjadi profesor karena bidang yang ia geluti adalah dunia perbankan utamanya risk management.(Evie Kusnindya) 
 
Editor : Budi Sarmun
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here