KAMMI Al Aqsha IAIN Surakarta Gelar Muslim Leadership Training Di Simo

0
muslim-leadership-traning-kammi

 “Mencetak Generasi Muda Berkarakter Penggerak Kebangkitan Indonesia”

BOYOLALI,suaramerdekasolo.com – Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Komisariat Al-Aqsha IAIN Surakarta menyelenggarakan Muslim Leadership Training (MLT) 2019. MLT merupakan salah satu program kerja KAMMI Al Aqsha untuk melatih jiwa kepemimpinan bagi seorang mahasiswa.

Acara yang bertema “Mencetak Generasi Muda Berkarakter Penggerak Kebangkitan Indonesia” bertempat di Gedung Yatama Yayasan Muhammadiyah Simo, Boyolali berlangsung selama tiga hari mulai Jumat hingga Ahad, 23-25 Agustus 2019.

Peserta mengikuti serangkaian acara berupa materi, diskusi, dan olahraga mulai dari Jumat sore hingga Minggu siang. KAMMI memfasilitasi peserta dengan materi Bela Negara sebagai amanah dari undang-undang Pasal 27 ayat 3 UUD 1945, yakni setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.

Implementasinya adalah rasa cinta tanah air dengan melakukan upaya perbaikan, sebagai seorang mahasiswa misalnya belajar sungguh-sungguh di bidang masing-masing agar tercipta pakar yang siap berkontibusi untuk bangsa, terus meng-upgrade diri dengan skill misalnya kepemimpinan, berorganisasi, dan bersosial.

Pada kesempatan itu Pelda Tri Atmoko anggota Koramil Simo menyampaikan amanah tentang akhlak Rasulullah Saw.
” Jika ingin menjadi seorang pemimpin sebagai pemuda hendaknya kita memiliki sifat shidiq yang berarti jujur dalam perbuatan, amanah yaitu dapat dipercaya, tabligh yang berarti menyampaikan kebenaran dan kebaikan, fatonah yang berarti cerdas, pandai dan bijaksana. Dengan ke-empat sifat tersebut Rasulullah Saw. disukai kaumnya menjadi seorang pemimpin dan dapat mensyiarkan Islam yang diterima seluruh umat hingga saat ini. Rasulullah adalah patron terbaik bagi pemuda yang kelak menjadi generasi penerus serta pemimpin berkarakter penggerak untuk kebangkitan Indonesia, ” tegasnya.

kammi-alaqsha-iain-surakarta

Pelda Purwadi selaku anggota Koramil Simo juga hadir. Dalam kesempatan itu menyampaikan kondisi anak muda sekarang semakin menurun rasa dan wawasan kebangsaan.

Outbond Ceria

“‘Kami apresiasi kepada panitia acara Muslim Leadership Training. Melalui acara ini semoga mampu memberikan pelajaran agar mahasiswa agar memupuk rasa kebangsaan dan cinta tanah air.”

Materi Bela Negara berlangsung pada pukul 07.00 hingga 08.00 WIB. Setelah memberikan materi Bapak Koramil juga memberikan pelatihan baris-berbaris kepada peserta. Peserta antusias dalam mngikuti materi tersebut. Usai acara, peserta istirahat sekitar lima belas menit kemudian dilanjutkan outbond ceria.

Ketua Umum KAMMI Al-Aqsha, Alvian Choirul menyapaikan, KAMMI salah satu organisasi Eksternal kampus.
“KAMMI berusaha untuk berkontribusi kepada negeri baik di bidang sosial masyarakat, entrepreneur, keagamaan serta kepemimpinan melalui Muslim Leadership Training ini”. (Budi Santoso)

Editor : Hartanto Gondes)

 

Tinggalkan Pesan