Penyebab Blog Sepi Pengunjung dan Bagaimana Mengatasinya

penyebab-blog-sepi

PENYEBAB blog sepi pengunjung dan bagaimana mengatasinya – Membangun sebuah blog yang memiliki banyak visitor bukanlah hal yang mudah, tetapi bukan juga hal yang mustahil dicapai.

Banyak yang bisa membuat blog bagus, namun tidak semua blogger mampu mengembangkannya menjadi lebih profesional dengan mendatangkan banyak pengunjung.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kenapa blog bisa sepi dengan pengunjung. Kali ini kita akan bahas mengenai penyebab blog sepi pengunjung, serta bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut.

  1. Tidak Memiliki Target Pembaca

Target-Pengunjung

Kebanyakan blogger menulis berdasarkan passionnya saja, tanpa mempertimbangkan kebutuhan pembaca. Sebenarnya hal ini tidak salah, namun kalau ingin mendatangkan pengunjung, tentu Anda harus membuat tulisan yang diinginkan pengunjung.

Dengan menentukan target pembaca saat awal pembuatan blog, Anda akan dengan mudah menentukan tema tulisan serta tahu apa saja langkah yang perlu Anda lakukan selanjutnya.

Saya ambil contoh, seumpama Anda menulis tentang “review handphone Nokia 3310,” apa tahun ini ada yang mencari artikel tersebut? Saya rasa jarang sekali!

Di atas adalah contoh penulisan konten blog yang tidak tertarget. Sekalipun tulisan tersebut berkualitas tinggi dan bisa menduduki peringkat yang baik di semua mesin pencari, tapi rasanya akan sia-sia karena tidak akan ada pembacanya.

Kecuali, Anda mempunyai blog yang sudah banyak pengikutnya dan sudah punya pembaca setia, itu lain urusan. Karena artikel apapun yang Anda terbitkan, pembaca akan tetap membaca tulisan Anda, di luar pembaca itu suka atau tidak.

Untuk yang memiliki blog baru, tentu membuat artikel dengan kata kunci yang tidak tertarget atau tidak ada pencarinya tidak disarankan. Cara mengatasinya, Anda bisa mencari tahu apa yang sedang tren saat ini dengan memantau media sosial atau menggunakan fitur yang disediakan Google, yaitu “Google Trends”.

Selain itu, Anda juga bisa mengetahui jumlah pencari dari kata kunci tertentu dengan menggunakan tools seperti “Ubersuggest” atau “Google Keyword Planner”. Dengan mengetahui jumlah pencari bulanan, Anda akan mengetahui potensi traffic yang akan dihasilkan, serta Anda bisa membuat artikel yang berkaitan dengan kata kunci tersebut.

 

  1. Tidak Mengoptimasi Blog

SEO

Mungkin Anda sudah pernah dengar istilah “Search Engine Optimization” (SEO). Jika belum, maka Anda perlu mempelajari hal tersebut.

Intinya, Search Engine Optimization adalah kegiatan untuk mengoptimalkan situs di mesin pencari, tujuannya agar blog Anda mendapat tempat yang baik di mesin pencari.

Mengapa perlu mengoptimasi blog?

Anda perlu mengetahui bahwa pengunjung organik (berasal dari mesin pencari) itu sangat banyak dan potensial. Mereka yang melakukan pencarian di mesin pencari, sangat tertarget, dibandingkan dari media sosial. Misalnya, ketika seseorang mengetikkan sesuatu di Google “Cara Membasmi Rayap”, pasti yang mereka cari adalah cara apa saja yang bisa dilakukan untuk membasmi rayap.

Lain halnya dengan media sosial. Misalnya, Anda sedang scroll-scroll wall Facebook, lalu ada seseorang yang membagikan artikel yang lagi viral, karena Anda penasaran, Anda akhirnya membuka artikel tersebut, namun tak berapa lama Anda menutup artikel itu karena Anda tidak suka tema artikelnya.

Hal itu akan mengakibatkan rasio pantulan membengkak, sehingga blog Anda dianggap kurang bagus oleh pembaca. Namun, kalau Anda membagikan artikel di grup tertentu yang masih relevan dengan tulisan Anda, rasio pantulan kemungkinan kecil. Karena, anggota dari grup tersebut biasanya mempunyai kesamaan minat dengan apa yang Anda bagikan. Bisa dibilang, share artikel ke grup relevan itu juga cara untuk “menarget” pengunjung.

Saya tidak akan bahas bagaimana cara optimasi blog pada tulisan ini, karena sudah banyak tulisan yang membahas tentang itu, Anda bisa mencari referensinya sendiri.

  1. Kurangnya Interaksi dari Media Sosial

media-sosial

Saat ini, peranan media sosial begitu penting dan banyak sekali penggunanya, sehingga sangat potensial juga dalam mendatangkan pengunjung.

 

Salah satu langkah yang bisa Anda tempuh dalam menjaring visitor dari medsos adalah dengan membagikan artikel Anda.

 

Sebelumnya telah disinggung mengenai share di medsos. Share link yang baik adalah dengan membagikan artikel ke grup yang relevan dibandingkan dengan spam link ke mana-mana.

 

Misalnya, kalau Anda menulis tentang pemeliharaan kucing, maka sebaiknya bagikanlah artikel Anda ke grup pecinta kucing. Selama link yang Anda bagikan relevan, Saya rasa admin grup akan menyetujui postingan Anda.

 

Kalau Anda asal membagikan link, Anda akan dianggap spam oleh FB. Selain itu, anggota grup juga tidak akan membuka artikel Anda karena topiknya tidak sejalan dengan hobi mereka. Bahkan lebih buruknya lagi mereka bisa melaporkan Anda!

 

Cara lainnya yang juga bagus untuk mendatangkan visitor dari medsos adalah dengan membuat fanspage tentang blog Anda.

 

Ada beberapa media sosial yang bisa mendatangkan traffic cukup banyak, seperti Facebook, Twitter, Pinterest maupun Linkedln. Anda sebaiknya membagikan ke beberapa platform medsos tersebut setelah menerbitkan artikel baru.

 

Dengan menggabungkan traffic dari mesin pencari melalui pengoptimalan blog (SEO) dan dari medsos (social traffic), maka blog Anda bisa kebanjiran pengunjung.

 

  1. Konten yang Tidak Berkualitas

konten-berkualitas

Penyebab blog sepi pengunjung selanjutnya karena konten yang tidak berkualitas. Ada yang berpendapat bahwa “Konten Is King”, Saya pun setuju dengan hal itu.

Tetapi menurut opini Saya, dengan membuat konten yang berkualitas saja tidak cukup. Di mana pengunjung akan menemukan “artikel berkualitas” Anda? Memang membuat artikel yang berkualitas itu penting, tetapi masalahnya di mana pengunjung akan membaca artikel berkualitas Anda? Kata kuncinya tak tertarget, tidak nongol di mesin pencari, tidak pernah Anda share di medsos, dsb. Jadi percuma artikel yang Anda sudah buat susah payah tersebut tapi tidak bisa ditemukan pembaca. Oleh sebab itu, Saya menempatkan hal ini di poin terakhir.

Namun, pertama yang Anda harus lakukan dalam mencari pengunjung adalah membuat artikel yang berkualitas. Sebelum Anda bagikan atau Anda optimasi, tentunya Anda harus buat konten yang berkualitas.

Bagaimana konten yang berkualitas itu?

Konten yang membahas tuntas tentang permasalahan yang Anda bahas. Dan yang pasti artikel tersebut bisa dijadikan rujukan dengan didukung bukti-bukti yang kuat.

Saya rasa 4 hal di atas adalah penyebab utama mengapa blog sepi pengunjung. Dengan mempelajari bagaimana cara mengatasinya, semoga ke depannya blog Anda akan dibanjiri pengunjung! ( Ivan Runa)

Editor : Budi Sarmun 

 

 

 

 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here