Perpustakaan Mulai Bertransformasi ke Digital

pameran-buku-wonogiri
PAMERAN BUKU : Berbagai jenis buku dijual dalam Pameran Buku Wonogiri di Gedung Giri Wahana, Kabupaten Wonogiri, Rabu (28/8). (suaramedekasolo.comKhalid Yogi)
WONOGIRI,suaramerdekasolocom- Perubahan teknologi yang semakin modern telah mengubah pola dan kebiasaan  masyarakat dalam membaca. Aktifitas membaca mulai mengarah ke penggunaan alat-alat digital.

“Aktivitas membaca sudah jauh bergeser seiring munculnya teknologi informasi digital dan kemajuan sarana komunikasi yang semakin modern, luas, cepat dan murah,” kata Wakil Bupati Wonogiri Edy Santosa saat membuka Pameran Buku Wonogiri di Gedung Giri Wahana jalan Jenderal Soedirman, Kabupaten Wonogiri, Rabu (28/8).

Oleh karena itu, pameran buku yang diprakarsai oleh Dinas Kearsipan Kabupaten Wonogiri tersebut mengambil tema “Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Menuju Perpustakaan Digital Era Industri 4.0”. “Kami berharap pameran buku mampu meningkatkan animo untuk gemar membaca. Selain itu menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk menjaga dan merawat budaya membaca buku sebagai aktivitas yang memiliki unsur edukasi dan rekreasi,” harapnya.

Kepala Dinas Kearsipan Arso Utoro melalui Kabid Perpustakaan Maryanto mengatakan, zaman telah berubah menuju era digital. Pihaknya kini merintis perustakaan digital yang dinamai i-Wonogiri.

Perpustakaan digital itu diadakan bekerja sama dengan penyedia aplikasi perpustakaan digital, Kubuku Yogyakarta. Dengan cara itu, masyarakat bisa menjelajahi dan membaca buku melalui internet.
 
i-Wonogiri

Demikian juga dengan perpustakaan, kini diharapkan tidak sekadar menjadi tempat memajang dan membaca buku. Namun mampu bertransformasi menjadi tempat berdiskusi dan  berbagi ilmu dari berbagai komunitas secara lebih produktif. “Misalnya menjadi tempat para petani untuk bersama-sama menjadi petani modern,” terangnya.

Pameran Buku Wonogiri tersebut diadakan 28 Agustus sampai 3 September dan diikuti oleh 34 stand buku. “Diikuti beberapa penerbit dari Solo dan sekitarnya. Jumlah buku yang dijual diperkirakan mencapai 20.000 buku,” katanya.

Pameran buku juga diisi bermacam kegiatan. Antara lain, lomba bercerita tingkat SD/MI, lomba Hafidz Quran, lomba baca puisi anak dan umum, lomba karaoke anak dan umum, lomba mewarnai TK/SD, lomba dai cilik, serta lomba geguritan anak dan umum.

Pihaknya juga akan membagikan doorprize bagi para pembeli. “Setiap hari ada kegiatan,” imbuhnya. (Khalid Yogi0
 
Editor : Nindya Achmadi
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here