SD Muhammadiyah 1 Wakili Solo Dalam Lomba Sekolah Sehat Eks Karesidenan

2
lomba-sekolah-sehat
JUARA: Kepala sekolah Sri Sayekti menunjukkan piagam juara pertama Lomba Sekolah Sehat Kota Surakarta. (suaramerdekasolo.com/Evie Kusnindya)
SOLO,suaramerdekasolo.com – Sekolah Dasar (SD)  Muhammadiyah 1 Surakarta mewakili Kota Surakarta dalam Lomba Sekolah Sehat tingkat eks Karesidenan Surakarta.
 
Hal itu setelah sekolah tertua di Solo itu berhasil menggondol gelar juara I sekolah sehat tingkat Kota Surakarta tahun 2019. Setelah melalui berbagai penilaian lomba,  sekolah itu dinobatkan juara I dan berhak menerima uang pembinaan Rp. 5.000.000
Adapun pada juara kedua aekolah sehat tingkat Kota adalah SD Marsudirini dan SD Negeri Kemasan 1.
 
Wakasek Bidang Humas, Jatmiko mengemukakan, berdasarkan lampiran keputusan kepala Dinas Pendidikan Kota Surakarta Nomor: 954/2523.3/Kep/DIKDAS SD/2019 , Tim penilai Lomba Sekolah Sehat Tingkat eks Karesidenan telah mengadakan penilaian ke SD Muh 1 Selasa (27/8), seperti toilet, kantin, lingkungan dan manajemen UKS.
 
“Lomba ini tidak saja bermanfaat bagi sekolah, namun merupakan langkah strategis petik praktik baik gotong royong di era kekinian yang melibatkan semua elemen, terutama guru, siswa, paguyuban orang tua siswa (PGOTS), komite dan dinas terkait,” ujarnya.
 
Jatmiko menjelaskan, selain menjadi dasar penilaian,  lingkungan sekolah yang bersih dan sehat, juga menjadi destinasi pendidikan masyarakat untuk menyekolahkan putra-putrinya. 
 
Selama ini sekolah telah dinobatkan menjadi SD Rujukan, Sekolah Unggulan, Sekolah Pendidikan Karakter berbasis TIK dan Budaya, Sekolah Sehat dan Sekolah Adiwiyata. 
 
Sementara itu, Kepala Sekolah  Sri Sayekti mengatakan, salah satu upaya yang telah dilaksanakan sekolah dalam meningkatkan sumber daya manusia berkualitas, adalah melalui peningkatan pelaksanaan program Usaha kesehatan Sekolah (UKS). 
“UKS bertujuan meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi melalui peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat serta menciptakan lingkungan sekolah yang sehat. Diharap siswa mampu menanamkan perilaku tersebut di rumah maupun di masyarakat sekitarnya,” katanya.
 
Keberadaan UKS sangat penting peranannya bagi warga sekolah, yakni menjadi pelayanan medis yang pertama. 
 
Dipaparkan, dalam UKS tersebut terdapat  ruang pelayanan siswa terbagi atas siswa laki-laki dan perempuan. UKS telah bekerja sama Puskesmas Setabelan dan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah dan diperkuat satu set alat periksa gigi. (Evie Kusnindya)
 
Editor : Heru Susilo
 
 
 
 

2 KOMENTAR

Tinggalkan Pesan